Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iis Dahlia Ajari Anak-anaknya Mengerti Isi Al Quran

Kompas.com - 31/07/2012, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dangdut Iis Dahlia (40) ternyata memiliki bakat untuk menjadi qoriah atau pelantun ayat-ayat suci Al Quran. Pembawa lagu "Bunga Seroja" ini sering mendapat penghargaan ketika masih belia.

"Dapat juara, juara sekabupaten, dulu. Pokoknya, kalau lomba kan mewakili sekolah, terus sekabupaten," kenang Iis ketika diwawancara akhir minggu lalu di Jakarta.

Alunan suara Iis ketika mengaji tak kalah indah dengan nyanyiannya. Bahkan, kemampuannya itu mendapat sanjungan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar dalam sebuah acara di Jakarta akhir minggu lalu. "Pak Muhaimin mah bisa-bisa aja. Ngajinya juga biasa aja. Itu bisa-bisanya Pak Muhaimin aja. Cengkoknya hampir sama kok dengan dangdut," ucapnya merendah sambil tersipu.

Kemampuan mengaji diperoleh Iis sejak kecil. Ia dididik oleh orangtuanya. Ia mengaku kini sudah menurunkan kemampuannya tersebut kepada kedua anaknya. Selain membaca ayat-ayat suci Al Quran, anak-anaknya diajarinya pula membaca terjemahannya agar bisa mengerti artinya. "Mereka (anak-anaknya) sudah pintar baca Al Quran semua. Pasti lah, kalau di rumah saya baca Al Quran sama baca terjemahannya. Saya ke anak-anak saya juga ajarin itu, biar tahu artinya," tutur istri pilot Satrio Dewandono ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com