Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Suami Nunung "Srimulat" Dilaporkan ke Polisi

Kompas.com - 06/08/2012, 22:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com -- Dengan dugaan pemalsuan akte nikah dan akte cerai, calon suami sekaligus manajer pelawak Nunung "Srimulat", July Jan Sambiran alias Iyan Sambiran, dilaporkan oleh mantan istrinya, Dewi Vistiatin, ke Polda Jawa Timur, Surabaya, Senin (6/8/2012).

Didampingi oleh pengacaranya, Priyagus Widodo, SH, Dewi mendatangi Subdit III Remaja Anak-anak dan Wanita (Renata) Direskrimum Polda Jatim dengan membawa dokumen akte cerai yang diduga palsu dari mantan suaminya tersebut. "Akte cerai yang diberikan Jan ke ibu saya di Depok ini ternyata palsu," kata Dewi.

Akte cerai itu tertulis dikeluarkan oleh Pengadilan Agama (PA) Surabaya. Padahal, pihak PA Surabaya mengaku tidak pernah mengeluarkan akte tersebut. Hal itu dibuktikan dengan surat dari PA Surabaya, tertanggal 27 Juni 2012. Surat itu menjelaskan, pengadilan tidak pernah mengeluarkan akte cerai No: 418/AC/2006/PA/Sby No Seri: M 109637 atas nama July Jan Sambiran bin Bernard dengan Dewi Vistiatin binti Abdul Rahman.

Surat tersebut juga diperkuat dengan surat keterangan bernomor Kk.13.36.9/Pw.01/120/2012, perihal klarifikasi pencatatan nikah yang dikeluarkan pada 28 Juni 2012. Dalam surat yang dikeluarkan oleh pihak Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tegalsari, Surabaya, itu dinyatakan bahwa pernikahan Dewi dengan July Jan Sambiran tidak pernah tercatat.

Dewi menegaskan, kedatangannya ke Mapolda Jatim itu hanya untuk memerjelas status perkawinannya, bukan untuk merebut Iyan dari perempuan lain. "Saya sudah tidak ada apa-apa lagi dengan mantan suami saya. Antara kami sudah tidak saling mencinta, saya hanya ingin mempertegas status perkawinan saya, itu saja." terangnya.

Dewi menikah dengan Iyan di Banjarmasin pada 2001. Pada 2009, keduanya sepakat bercerai. Iyan akhirnya menjalin hubungan asmara dengan Nunung, yang bernama asli Tri Retno Prayudati, dan bahkan akan menikah tahun ini. Kabar pemalsuan dokumen itu menjadikan rencana pernikahan Nunung dengan Iyan tertunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com