Ratna Dumila: Betah Bekerja di Media Independen - Kompas.com

Ratna Dumila: Betah Bekerja di Media Independen

Kompas.com - 16/08/2012, 00:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski baru tiga bulan bergabung dengan Kompas TV, presenter Ratna Dumila (28) merasa betah. "Bekerja di sebuah media yang netral, independen, tidak berpihak, membuat saya lebih betah karena saya dapat memberitakan hal-hal yang sebenarnya," kata presenter kelahiran Trenggalek, Jawa Timur, 20 Desember 1983, ini.

Ratna menggeluti dunia televisi sejak tahun 2005. Waktu itu Ratna belum lulus dari kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya. Di sela-sela menyelesaikan kuliah, Ratna bekerja sebagai reporter di Trans TV di Jawa Timur. Saat itu, Ratna banyak meliput berita-berita Lapindo. Tiga tahun di Trans TV, tahun 2008 Ratna pindah ke TV One.

Di Kompas TV, Ratna Dumila mendapat energi baru. Ia melihat anak-anak muda dengan motivasi luar biasa untuk menjadi yang terbaik. "Ini juga memacu semangat saya. Iklim kondusif seperti ini sungguh tak ternilai bagi jurnalis. Di Kompas TV, semangat yang terasa adalah semangat belajar. Jadi, tidak berada di zona nyaman," ungkap Ratna yang kini menjadi produser Kompas Petang.

Ratna melihat, semangat bekerja di Kompas TV tidak ditentukan oleh usia. Orang yang berumur, tetapi berjiwa muda selalu mengobarkan semangat bekerja. Suasana seperti inilah yang ia rasakan. "Ada sistem koreksi yang bagus di Kompas, yang selalu dijaga," ungkap penyuka bebek goreng ini.

Ibu beranak satu tersebut pun menambahkan bahwa ia juga hobi berbelanja ke pasar segar dan memasak. "Saya suka chinese food, terutama ayam goreng mentega, dan masakan khas Jawa Timur, yaitu rawon," ungkap Ratna.


EditorRobert Adhi Ksp

Close Ads X