Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Korea dan Gaya Menunggang Kuda ala Psy

Kompas.com - 28/09/2012, 06:14 WIB

Salah satu contoh industri kreatif Korea Selatan yang baru-baru ini mendunia adalah ”Gangnam Style” yang dipopulerkan oleh Park Jae-sang atau dikenal dengan Psy.

ria 34 tahu, berpipi tembam dan berpakaian perlente dengan kacamata hitam–seperti dalam videonya yang diunggah di situs Youtube–berhasil menjadi bintang hallyu lantaran menyanyi dengan gerakan seperti menunggang kuda sambil menghela tali kendalinya.

Sejak diunggah pada 15 Juli 2012, rapper dan aktor film lulusan Boston University dan Barkley of Music di Amerika Serikat itu, video klipnya

berhasil menembus angka fantastis lebih dari 150 juta penonton dalam waktu kurang dari dua bulan.

Tak heran jika Psy akhirnya masuk Guinness World Records sebagai video laris sepanjang massa. Angka itu menyisihkan video musik LMFAO dengan lagu ”Party Rock Anthem”, video musik ”Baby” yang dinyanyikan Justin Bieber serta ”Rolling in the Deep”-nya Adele.

Sejarah K-Pop

Psy telah menandai sejarah baru dalam dunia K-Pop Korea. Sebelumnya tak pernah ada bintang hallyu yang video klip-nya menembus angka lebih dari 150 juta pengunggah.

Bagi rakyat Korea, keberhasilan Psy sangat membanggakan. Apalagi mengingat bintang pop Amerika, Britney Spears, beserta putrinya penasaran dan ingin belajar langsung ”Gangnam Style” dari penciptanya itu. Psy diundang ke Amerika Serikat, khusus untuk mengajari Spears. Psy kemudian juga dikontrak Island Records, yang menangani Justin Bieber, untuk meniti karier barunya di dunia musik.

Namun, sambutan di Korea, ”Gangnam Style”, tampaknya tidak terlalu heboh. Dalam kunjungan 30 wartawan ASEAN yang mengikuti program ”Exchange Visit of ASEAN and Korean Media People”, pekan lalu di Seoul,

”Gangnam Style” tak terlalu dibesar-besarkan oleh Asean Korea Centre selaku penyelenggara acara meskipun isu hallyu menjadi topik populer selama kunjungan itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com