Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Batik Murah, Astri Nurdin Andalkan Teman

Kompas.com - 29/09/2012, 08:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Teman memang selalu ada di samping saat dibutuhkan, hal itu pula yang dirasakan oleh aktris Astri Nurdin. Untuk membeli barang kesukaannya seperti batik, ia memilih membeli kepada temannya yang seorang pengrajin batik.

Astri pun bercerita bahwa dirinya sempat kepincut dengan batik Sragen yang memadukan antara batik tenun dan tulis. Merasa punya teman yang pengrajin batik, ia pun mengontaknya. "Harga teman. Kalau sudah masuk mal, sudah beda harganya. Yang jelas, batik itu unik juga, pembuatannya lama. Indahnya ditulisnya itu, justru aku nggak suka terlalu rapi," katanya saat Tribute to Batik 2012 di Pasaraya, Jakarta, baru-baru ini.

Bahkan karena begitu cintanya dengan batik tersebut, sampai saat ini kain batik itu masih tersimpan dan belum dibuat menjadi sebuah baju. Ia tak mau bahan tersebut tersisa sedikit pun. "Saking cantiknya aku bingung mau dibikin apa. Karena aku enggak mau sisa, sayang. Jadi aku simpen bahan-bahannya. Aku punya tiga batik dari Sragen dan belum diapa-apain," katanya lagi.

Menurut Astri memakai batik merupakan cara untuk melestarikan dan membanggakan kebudayaan bangsa. Meski kualitas terbaik namun bisa didapatnya dengan harga terjangkau. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com