Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Film Jadi Peserta Balinale 2012

Kompas.com - 02/10/2012, 08:39 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com -- Festival film internasional Balinale Film Festival ke-6 kembali digelar di Denpasar, 22-28 Oktober mendatang. Festival yang diadakan Christine Hakim dan Deborah Gabinetti ini upaya mengenalkan Indonesia lewat film.

"Bali hanya pintu masuk untuk mengenal Indonesia," kata Gabinetti, Senin (1/10/2012). Selain memutar film-film asing, festival ini juga akan memutar film produksi Indonesia.

Sebanyak 30 film yang ditayangkan di Balinale 2012 dikompetisikan demi penghargaan pilihan penonton. Beberapa jenis film adalah film feature, film pendek, dokumenter, dan animasi.

Balinale bertujuan memamerkan karya anak bangsa kepada penonton internasional, membuka jaringan dengan para profesional dari industri perfilman, dan menemukan bakat baru.

Balinale bekerja sama dengan Asian Film Commissions Network (AFCNet), Asia Pacific Screen Awards (APSA), dan Motion Picture Association (MPA). Selain itu, Balinale juga ditunjuk APSA sebagai organisasi di Indonesia untuk mempromosikan film-film lokal.

Balinale Film Festival diadakan pertama kali tahun 2007 oleh Bali Taksu Indonesia Foundation yang didirikan Christine Hakim dan Deborah Gabinetti. Organisasi nonprofit dan non-pemerintah ini bervisi mengundang sineas dari luar negeri untuk memutar film mereka di Indonesia, sekaligus mengenalkan keindahan alam dan budaya Indonesia.

"Para sineas asing yang datang ke Bali diharapkan bisa menjelajahi wilayah lain di Indonesia," kata Christine. Keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia berpotensi digarap jadi cerita film. Setidaknya Indonesia dilirik sebagai lokasi shooting. (IND)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com