Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya "Rumah Hantu" Edukatif dari Perancis

Kompas.com - 05/10/2012, 17:02 WIB

DELME, KOMPAS.com - Gedung ini mendapatkan nama dan ide tampilannya dari gabungan dua kata. "A Guest" (tamu) dan "A House" (rumah), sehingga menjadi "A Ghost". Gedung bernama Gue(ho)st House ini berada di Delme, sebuah pedesaan di timur Perancis.

Seakan bersolek untuk perayaan Halloowen akhir Oktober ini, gedung tua yang dulunya membosankan ini kemudian "berubah" menjadi "rumah hantu". Di tangan Christophe Berdaguer and Marie Péjus, gedung ini pernah menjadi penjara, sekolah, dan bahkan rumah pemakaman.

Kini, bangunan tersebut menjadi bagian dari pameran seni publik di Perancis. Para pengunjung dapat mengunjungi bangunan ini untuk mengikuti berbagai program edukasi. Di dalamnya terdapat galeri dan studio di lantai atas. Studi ini dapat digunakan oleh seniman yang membutuhkannya.

Dari luar, Gue(ho)st House tampak seperti bangunan besar berwarna putih dan ditutupi oleh kain raksasa. Seluruh bagian gedung ini dilapisi dengan polystyrene. Dengan lapisan ini, gedung tampak seperti bangunan dalam komik.

Walaupun tampak komikal, gedung milik Centre d'art Contemporain-La Synagogue de Delme ini memiliki misi lebih besar.

"Sebagai proyeksi spasial dari inspirasi kolektif, rumah ini tidak hanya menjadi tempat emosi, persepsi dan memori, tetapi juga alat mediasi penting untuk pusat seni," kata seorang seniman yang mengerjakan bangunan ini.

(Sumber: http://www.frameweb.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com