Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rihanna dan Nicki Minaj Pimpin Perolehan Nominasi AMA

Kompas.com - 10/10/2012, 17:01 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Penyanyi R&B Rihanna serta rapper Nicki Minaj memimpin perolehan nominasi di ajang American Music Award dengan masing-masing meraih empat nominasi. Dua perempuan itu mengalahkan nomine lainnya, seprti Justin Bieber dan One Direction.

Rihanna (24), dinominasikan di kategori utama "Artis Tahun Ini" bersama Bieber, Katy Perry, Maroon 5 dan rapper asal Kanada Drake.

Dia juga dinominasikan untuk artis wanita soul/R&B dan album untuk Talk That Talk, dia akan berhadapan dengan Minaj (29) di kategori "Artis Perempuan Pop/Rock".

Minaj mendulang dua nominasi untuk album "Pink Friday: Roman Reloaded", yakni kategori pop/rock serta rap/hip hop tahun ini, juga nominasi untuk artis rap terfavorit, bersama Drake dan artis pendatang baru asal Amerika Tyga.

Minaj beberapa kali menjadi topik pembicaraan setelah bergabung di panel juri American Idol, dia tertangkap kamera cekcok dengan juri lainnya, Mariah Carey saat babak audisi pertama.

Penyanyi lagu "Boyfriend", Bieber (18), dinominasikan di tiga kategori tahun ini, bersama boy band asal Inggris One Direction, Maroon 5, Drake dan bintang R&B Usher.

Mengikuti penghargaan Grammy, American Music Awards juga memberikan penghargaan untuk musik "Electronic Dance", kali ini  dengan nominasi David Guetta, Calvin Harris, dan Skrillex.

Pemenang  utama tahun lalu, Adele dan Taylor Swift yang masing-masing mendapat tiga penghargaan, diunggulkan di satu kategori pada tahun ini. Swift dinominasikan di kategori penyanyi country perempuan bersama Carrie Underwood dan Miranda Lambert, sementara Adele dinominasikan artis kontemporer terfavorit bersama Kelly Clarkson dan Train.

Seperti dilansir Reuters, kategori artis baru yang paling ditunggu-tunggu menghadirkan pertarungan antara J.Cole, band indie-pop fun, dan penyanyi sekaligus penulis lagu Goyte, penyanyi asal Kanada Carly Rae Jepson dan One Direction.

Penghargaan untuk pemenang AMA akan ditentukan oleh fans yang memilih via online, sudah dimulai sejak Selasa.

American Music Award akan merayakan ulang tahunnya yang ke-40 tahun ini, perayaan serta pertunjukkan akan disiarkan langsung dari Los Angeles pada 18 November.

Bintang pop dan juri The Voice, Christina Aguilera, yang akan mengumumkan nominasi pada Selasa, adalah artis pertama yang diumumkan akan tampil secara langsung pada acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com