Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stan Lee Media Gugat Disney Atas Hak Cipta Marvel

Kompas.com - 12/10/2012, 09:25 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Stan Lee Media, perusahaan yang mengontrol hak cipta karakter Marvel termasuk Spider Man dan Iron Man, menggugat Walt Disney Co di pengadilan distrik Colorado atas tuduhan mengambil "keuntungan miliaran dollar".

Stan Lee, yang tidak berhubungan lagi dengan perusahaan itu, telah menciptakan banyak karakter komik Marvel yang terkenal, seperti dilansir Reuters. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa Lee memberikan hak cipta karakter yang dia buat pada mereka pada 1998. Namun, sebulan kemudian dia juga menyerahkan hak cipta yang sama pada Marvel Enterprises.

Disney mengakuisisi Marvel Enterprises yang kini bernama Marvel Entertainment pada 2009 seharga 4,3 miliar dollar.

"Perusahaan Walt Disney telah mengaku sebagai pemilik hak cipta dari karakter-karakter ini sebagaimana ratusan karakter lain yang dibuat Stan Lee," gugat mereka.

"Pengakuan dari perusahaan Walt Disney pada publik itu palsu."

Gugatan itu fokus pada film sukses Disney yang diangkat berdasarkan karakter Marvel sejak akuisisi dengan perusahaan Marvel. Salah satunya adalah The Avengers yang menuai keuntungan lebih dari 1.5 miliar dollar dari seluruh dunia dan menjadi urutan kedua setelah Avatar dan Titanic, seperti tertera di laman Box Office Mojo.

"Gugatan ini tidak pantas," kata Walt Disney dalam pernyataannya.

"Ini berasal dari fakta-fakta dan klaim hukum yang telah ditolak tiga hakim pengadilan distrik federal."

Stan Lee Media yang mengaku dibuat pada 1999 untuk "menuntut demi memulihkan aset yang rusak," telah terlibat dalam apa yang disebut "siksaan sejarah" dari litigasi yang terjadi sejak 2001 atas isu-isu tata kelola perusahaan dan hak karakter dalam kasus diajukan di Colorado, New York dan California.

Termasuk juga gugatan antar perusahaan, para pemegang saham, dan Lee.

Gugatan terbaru mengklaim bahwa Stan Lee Media adalah pemilik dari hak cipta "dari miliaran dollar yang dihasilkan Disney atau pihak lain". Termasuk di antaranya lebih dari 3,5 miliar dollar dari motion picture dan 2 miliar dollar dari media lain, pernak-pernik, dan acara Broadway Spiderman: Turn off the Dark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com