Tompi: Jangan Asal Besarkan Payudara

Kompas.com - 29/10/2012, 14:23 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kaum wanita jangan asal bermimpi memiliki payudara besar lantas menjalani operasi implan. Menurut penyanyi yang juga dokter bedah plastik, Tompi, operasi implan sebaiknya dilakukan untuk payudara dengan bentuk bermasalah. Misalnya, terlihat tidak seimbang--yang satu kecil, yang satu besar.

Selain itu, pesan Tompi, jangan sembarangan memilih dokter bedah plastik. "Kalau pilihannya salah, bisa justru mengarah ke kanker. Parahnya lagi, bentuknya enggak karu-karuan," tuturnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pelantun lagu "Salahkah" ini menambahkan, saat ini yang paling aman adalah penggunaan gel silikon.  "Memang ada suntik silikon cair. Tapi, itu bahaya. Ibaratnya, minyak margarin yang dipanasi jadi cair, yang harganya satu gentong cuma Rp 300 ribu, dan sebenarnya itu bukan untuk manusia," terangnya. Terangnya pula, kalau sudah masuk ke dalam tubuh, silikon cair akan sulit dihilangkan.

Menurut Tompi berdasarkan pengalamannya sebagai dokter bedah plasti selama ini, ukuran payudara yang pas berkait dengan selera. "Itu by request. Ada pasien datang, diukur mau seberapa. Umumnya ada yang ingin membesarkan, mengencangkan, reduksi (mengecilkan) payudara terlalu besar (karena) sakit dan pakai bra susah," paparnya.

Pemilik nama asli Teuku Adifitrian ini juga mengingatkan, jangan menjalani operasi implan untuk payudara karena desakan orang lain atau lantaran iri kepada keseksian orang lain. "Jangan lakukan implan kalau itu hanya suruhan orang lain sementara Anda sebenarnya tidak mau," tuturnya. (Eko Sutriyanto/Agung Budi Santoso)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.