Bintangi "Ainun Habibie", Akting Reza Dikawal Habibie

Kompas.com - 30/10/2012, 17:39 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Reza Rahadian memegang peran sentral sebagai karakter BJ Habibie dalam film layar lebar Ainun Habibie. Untuk film drama yang diproduksi MD Entertainment tersebut, Reza mengaku tak mau gegabah memainkan tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden RI itu. Sementara aktris dan penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) dipercaya memerankan Ainun.

Saking seriusnya, dalam beberapa pengambilan adegan, Reza bahkan dipantau langsung dan dikritik Habibie. "Ketika tes kamera saya dikritik (Habibie) karena kata dia, 'Sewaktu ketika ketemu ibu enggak begitu'," cerita Reza saat berbincang dengan Kompas.com di kantor MD Entertainment, Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2012).

Dari kritikan itu, Reza jadi bisa mempelajari seperti apa cara Habibie mencintai istrinya, Ainun. "Satu dua scene yang kadang beliau mintanya kedekatan antara Habibie dan Ainun ditonjolkan, seperti kebiasaan cium di mata. Saya sendiri baru tahu ada cium di mata. Ini kan hal kecil, jadi kalau dieksekusi akan beda banget," ujar Reza.

Reza pun menyimpulkan bahwa Habibie memang begitu mencintai istrinya, Ainun, dengan segala jiwa dan raganya. "Bagaimana eyang (Habibie-red) sangat mencintai eyang putri, dan sebaliknya eyang putri mencintai eyang. Jadi enggak salah kalau mereka bilang, 'Kami itu satu'," kata Reza menirukan ucapan Habibie.

"Bisa dibayangin kalau salah satu dari mereka pergi badan sepertinya jomplang, hampa," lanjutnya.

Dengan memahami keinginan Habibie seperti itu, Reza pun berupaya semaksimal mungkin untuk menurutinya. Lalu bagaimana pendapat Habibie? "Beliau sangat satisfy, dari situ kami dapat kiriman surat yang isinya ya pujian lah dari beliau. Kalau yang punya tokohnya puas, ya saya senang," ungkap Reza.

Asal tahu saja, bagi Reza memerankan tokoh nyata lebih sulit dibandingkan karakter fiktif yang biasa dimainkannya. "Banyak ketakutannya, tapi yang saya yakini apa yang saya terima bisa menjadi masukan positif. Saya merasa sangat terbantu dengan masukan beliau," jelas Reza. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.