Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintangi "Ainun Habibie", Akting Reza Dikawal Habibie

Kompas.com - 30/10/2012, 17:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Reza Rahadian memegang peran sentral sebagai karakter BJ Habibie dalam film layar lebar Ainun Habibie. Untuk film drama yang diproduksi MD Entertainment tersebut, Reza mengaku tak mau gegabah memainkan tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden RI itu. Sementara aktris dan penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) dipercaya memerankan Ainun.

Saking seriusnya, dalam beberapa pengambilan adegan, Reza bahkan dipantau langsung dan dikritik Habibie. "Ketika tes kamera saya dikritik (Habibie) karena kata dia, 'Sewaktu ketika ketemu ibu enggak begitu'," cerita Reza saat berbincang dengan Kompas.com di kantor MD Entertainment, Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2012).

Dari kritikan itu, Reza jadi bisa mempelajari seperti apa cara Habibie mencintai istrinya, Ainun. "Satu dua scene yang kadang beliau mintanya kedekatan antara Habibie dan Ainun ditonjolkan, seperti kebiasaan cium di mata. Saya sendiri baru tahu ada cium di mata. Ini kan hal kecil, jadi kalau dieksekusi akan beda banget," ujar Reza.

Reza pun menyimpulkan bahwa Habibie memang begitu mencintai istrinya, Ainun, dengan segala jiwa dan raganya. "Bagaimana eyang (Habibie-red) sangat mencintai eyang putri, dan sebaliknya eyang putri mencintai eyang. Jadi enggak salah kalau mereka bilang, 'Kami itu satu'," kata Reza menirukan ucapan Habibie.

"Bisa dibayangin kalau salah satu dari mereka pergi badan sepertinya jomplang, hampa," lanjutnya.

Dengan memahami keinginan Habibie seperti itu, Reza pun berupaya semaksimal mungkin untuk menurutinya. Lalu bagaimana pendapat Habibie? "Beliau sangat satisfy, dari situ kami dapat kiriman surat yang isinya ya pujian lah dari beliau. Kalau yang punya tokohnya puas, ya saya senang," ungkap Reza.

Asal tahu saja, bagi Reza memerankan tokoh nyata lebih sulit dibandingkan karakter fiktif yang biasa dimainkannya. "Banyak ketakutannya, tapi yang saya yakini apa yang saya terima bisa menjadi masukan positif. Saya merasa sangat terbantu dengan masukan beliau," jelas Reza. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com