Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2012, 22:27 WIB

KOMPAS.com - Dalam ajang Jakarta Fashion Week 2013, tak hanya para desainer dan siswa sekolah mode yang ingin menunjukkan kemahiran mereka merancang busana. Deretan artis seperti Marissa Nasution, Asmirandah, Dimas Beck, Iwet Ramadhan, dan Luna Maya, juga ingin menunjukkan kemampuan mereka. 

Tahun lalu, Marissa Nasution berkolaborasi dengan Michelle Worth untuk mengikuti ajang ini. Saat itu ia hanya menampilkan koleksi sepatu high heels rancangannya, Dollhouse. Kali ini, Marissa juga ingin menunjukkan bahwa ia pun mampu menciptakan desain busana.

"Koleksi ini terinspirasi dari tokoh kartun Jessica Rabbit atau Minx," ungkap Marissa, konferensi pers show-nya yang masuk dalam sesi "Grazia Glitz & Glam", di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2012) lalu.

Untuk koleksi ini, Marissa banyak bereksperimen dengan warna-warna tua yang mencerminkan kedewasaan namun tetap anggun, seperti hitam, biru, merah, dengan paduan putih. Sesuai dengan image Marissa, busananya banyak menonjolkan kesan seksi dan glamor.

Dollhouse ----

Pada sekuens yang lain, muncul koleksi TikShirt milik penyiar radio dan pembawa acara Iwet Ramadhan. TikShirt adalah koleksi busana bermotif batik, namun tidak dibuat dengan konsep batik yang sebenarnya. Koleksinya didominasi material batik sogan yang dikreasikan menjadi rok cantik, dan dress yang elegan.

"Sekarang saya lebih banyak mengolah batik dalam bentuk yang lebih santai dan fun," jelas Iwet.

TIKshirt

Luna Maya termasuk selebriti yang ditunggu-tunggu kehadirannya dalam show ini. Label fashion-nya, LM for Hardware, memang banyak diminati karena desainnya yang bergaya street wear dan kasual.

Luna mengungkapkan kali ini ia mengangkat tema "Art Nouveau" yang didominasi desain garis-garis organik ala Neo Klasik. "Desain ini bertujuan untuk menghadirkan tampilan perempuan modern dan elegan," jelasnya. Gaya busananya kali ini lebih terasa glamor dan edgy dengan paduan warna hitam, putih, dan emas.

Duet dengan sahabat
Berbeda dengan tiga selebriti pertama yang berani melangkah sendiri, dua artis Asmirandah dan Dimas Beck memilih untuk tampil bersama sahabatnya. Jika tahun lalu Dimas berkolaborasi dengan Melly Goeslaw, kini ia memilih Faisal Shah untuk merancang busananya. Dua sahabat ini memamerkan koleksi bertema "Rouge". Busananya didominasi dengan sembilan gaun vintage ala 1920-an yang glamor.

Sedangkan artis sinetron Asmirandah menggandeng sahabatnya, Cinta, untuk mengeluarkan koleksi spring/summer 2013 di bawah label Manja. "Koleksi ini bernuansa feminin dan cerah," ungkap Andah. Koleksi Andah banyak bermain dengan sentuhan asimetris, draperi, dan aksen melambai yang menghadirkan kesan anggun pada si pemakai.

Manja

FOTO-FOTO : JFW 2013/ DENNIE RAMON

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com