Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Banyuwangi Serbu Pantai Boom

Kompas.com - 18/11/2012, 00:09 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan warga Banyuwangi, Sabtu (17/11/2012) sore memadati Pantai Boom di Desa Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Mereka menghabiskan akhir pekan dengan menyaksikan parade Gandrung Sewu yang digelar di sana.

Kepadatan mulai tampak sejak di Jalan Nusantara hingga menuju pantai, yang merupakan satu-satunya akses jalan menuju Pantai Boom. Ribuan warga dengan berbagai kendaraan membuat arus lalu lintas menjadi padat. Upaya pengaturan oleh satuan polisi lalu lintas setempat terpantau tidak signifikan mengurai kemacetan. Keadaan diperparah dengan tata parkir yang tidak teratur dan terlalu banyaknya pejalan kaki.

Di area pagelaran, penyelenggara sempat direpotkan oleh banyaknya penonton yang terus merengsek ke area pagelaran. Bahkan, sejumlah petugas terpaksa meminggirkan mereka dengan kuda maupun motor agar para penari mendapatkan ruang untuk memulai menari.

Gandrung Sewu adalah salah satu agenda Pemkab Banyuwangi dalam Festival Banyuwangi 2012, meramaikan Hari Jadi Ke-214 Banyuwangi. Pagelaran itu diramaikan 1.000 lebih penari gandrung dari kalangan pelajar maupun profesional. Pagelaran ini juga menceritakan sejarah tari Gandrung yang lekat dengan kebudayaan etnik Banyuwangi.

Selain Gandrung Sewu, Festival Banyuwangi 2012 yang digelar 15 November hingga 22 Desember itu juga diramaikan dengan berbagai event tradisional seperti Festival Anak Yatim, Festival Kuwung, tradisional dengan budaya modern yang tersaji seperti dalam acara Banyuwangi Jazz Festival, Festival Anak Yatim, dan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Entus Susmono.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, selain untuk mempromosikan wisata budaya, Festival Banyuwangi 2012 juga diharapkan mampu menggairahkan aktivitas ekonomi warga Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com