Banyuwangi Jazz Festival 2012: Musik Etnik Banyuwangi Dipadu Jazz

Kompas.com - 18/11/2012, 14:28 WIB
EditorAti Kamil

SURABAYA, KOMPAS.com -- Musik etnik Banyuwangi ternyata terbuka untuk dipadukan dengan berbagai jenis musik, termasuk jazz. Paduan indah itu memikat para penonton Banyuwangi Jazz Festival 2012 di Gedung Pertunjukan Gesibu, Banyuwangi, Sabtu (17/11/2012) malam.

Permainan musik etnik Banyuwangi, yang biasanya identik dengan suara gending dan kendang kempul, dipadu dengan permainan piano oleh pemusik jazz Riza Arshad. Musik tersebut terasa semakin hidup ketika disajikan dengan nyanyian para vokalis terkenal Rieka Roeslan dan Reza (dari band The Groove), Monita Tahalea yang lulusan Indonesian Idol, dan Syaharani.

Menurut Riza, musik etnik Banyuwangi sangat terbuka untuk dipadukan dengan banyak jenis musik lain. Ia pun mengaku kagum dengan musik etnik Banyuwangi. ''Selama ini saya hanya berkolaborasi dengan musik khas Sunda. Ternyata, Indonesia sangat kaya akan produk budaya musiknya,'' kata pemusik yang pernah membentuk grup Rara Ragadi ini.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengaku ingin membawa musik etnik Banyuwangi ke dimensi yang lebih eksklusif dan berkelas sebagai upaya mempromosikan musik Banyuwangi. ''Selain itu, agar masyarakat Banyuwangi tidak hanya mengenal kendang kempul saja,'' ujarnya.

Abdullah juga mengaku akan sangat terbuka kepada semua pemusik mana pun yang berniat memadukan musik etnik Banyuwangi. ''Ini sebagai bentuk akulturasi budaya tradisional dengan budaya modern dalam bermusik,'' tambahnya.

Banyuwangi Jazz Festival 2012 merupakan bagian dari Festival Banyuwangi 2012, yang digelar dalam rangka merayakan hari jadi ke-241 Banyuwangi. Sebelumnya, juga diselenggarakan parade budaya Gandrung Sewu dan Festival Anak Yatim. Minggu (18/11/2012) siang, diadakan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) dengan jumlah peserta kira-kira 150. BEC tahun ini mengusung tema Re-Barong Using.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.