Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Film Bersaing Ketat

Kompas.com - 27/11/2012, 08:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tiga film, yakni Rumah di Seribu Ombak, Tanah Surga...Katanya, dan Demi Ucok, memborong nominasi terbanyak Penghargaan Citra Festival Film Indonesia 2012. Ketiga film tersebut juga diunggulkan sebagai Film Terbaik bersama Lovely Man dan Soegija.


Rumah di Seribu Ombak
karya sutradara Erwin Arnada dan Tanah Surga...Katanya karya Herwin Novianto mendapatkan 9 nominasi, sementara Demi Ucok karya Sammaria Simanjuntak memperoleh 8 nominasi. Ketiganya juga diunggulkan sebagai Sutradara Terbaik FFI 2012 bersama Hanung Bramantyo (Perahu Kertas 1) dan Teddy Soeriaatmadja (Lovely Man).

Nominasi Citra tersebut diumumkan Dewan Juri Film Bioskop FFI 2012 yang diketuai Mohammad Sobari, Senin (26/11/2012) malam, di Jakarta.
Anggota dewan juri, Agni Ariatama, menjelaskan, film-film yang disodorkan komite seleksi secara umum menonjol secara teknik sinematografi. Selain itu, film-film tersebut juga enak ditonton. ”Secara tontonan oke, lah. Secara komersial, saya enggak bisa komentar,” kata Agni.

Komite seleksi awalnya menyeleksi 45 film. Dari situ mereka memilih 15 film yang disodorkan ke dewan juri dengan melalui penilaian terhadap 13 unsur, di antaranya teknik sinematografi dan penyutradaraan.

Aktor unggulan

Aktor remaja Emir Mahira diunggulkan mendapatkan Citra lewat film Garuda di Dadaku 2. Pada FFI 2011, Emir yang saat itu tergolong aktor pendatang baru, membuat kejutan dengan menggondol penghargaan Pemeran Utama Pria lewat film Rumah Tanpa Jendela.  Dia menyisihkan sejumlah aktor kawakan, seperti Alex Komang, Oka Antara, dan Tio Pakusadewo.

Tahun ini, Emir akan bersaing memperebutkan Citra dengan aktor remaja lainnya, Muhammad Syihab (Cita Citaku Setinggi Tanah), dan tiga aktor lain, yakni Reza Rahardian (Test Pack You’re My Baby), Tio Pakusadewo (Rayya, Cahaya di Atas Cahaya), dan Donny Damara (Lovely Man). Tio pernah mendapatkan Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik tahun 1991 dan 2009, sementara Reza memperoleh penghargaan yang sama tahun 2010.

Untuk kategori Pemeran Pendukung Pria, Butet Kartaredjasa (Soegija) diunggulkan bersama Dedey Rusma (Rumah di Seribu Ombak), Fuad Idris (Tanah Surga...Katanya), Lukman Sardi (Rumah di Seribu Ombak), dan Rio Dewanto (Garuda di Dadaku 2).

Sementara itu, aktris Jajang C Noer diunggulkan sebagai Pemeran Utama Wanita lewat Mata Tertutup. Jajang bersaing dengan Acha Septriasa (Test Pack You’re My Baby), Atiqah Hasiholan (Hello Goodbye), Annisa Hertami (Soegija), dan Geraldine Sianturi (Demi Ucok).

Unggulan kategori Pemeran Pendukung Wanita adalah Christine Hakim (Rayya, Cahaya di Atas Cahaya), Kenes Andari (Hello Goodbye), Mak Gondut (Demi Ucok), Meriam Bellina (Test Pack You’re My Baby), dan Wulan Guritno (Dilema).
Para peraih Penghargaan Citra FFI 2012, menurut rencana, akan diumumkan 10 Desember 2012 di Benteng Vredeburg, Yogyakarta.
(BSW)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com