Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Operator Kompak "Dendangkan" RBT

Kompas.com - 28/11/2012, 19:21 WIB

KOMPAS/LASTI KURNIA Kegiatan di call centre operator seluler XL untuk melayani informasi pelanggan hingga aktifasi ring back tone (RBT), di Mega Kuningan, Jakarta, Senin (7/9). PT Excelcomindo Pratama Tbk mencatat penjualan RBT bernuansa Islami naik tajam hingga 14 kali lipat sejak awal bulan Ramadhan dengan jumlah aktifasi sekitar 200.000 RBT.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga perusahaan operator seluler besar di Indonesia siap "mendendangkan" alias membangkitkan lagi bisnis nada dering ponsel (ring back tone/RBT) melalui proyek RBT Bersama. Ketiga operator seluler itu adalah Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

"Rencananya akan diluncurkan Desember. Saat ini kami sedang izin ke BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-red) untuk RBT Bersama," kata Dian Siswarini Direktur Teknologi, Konten, dan Bisnis News XL, di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Hal ini diamini dua operator seluler lainnya, Indosat dan Telkomsel. Project Director of Service, Content, Applications an Portal, Task Force Telkomsel Gideon E. Purnomo, menyatakan, rencana ini sudah dibicarakan secara rutin oleh ketiga operator sejak 2 bulan lalu.

Bisnis RBT saat ini masih dijalankan oleh para operator. RBT ikut lesu sejak BRTI menghimbau operator seluler untuk menghentikan layanan SMS premium terkait kasus pencurian pulsa akhir 2011 lalu. Menurut Dian, ada salah pengertian yang menyatakan bahwa RBT termasuk dalam layanan konten, yang berimbas pada penurunan pelanggan RBT.

"Di tengah kelesuan bisnis konten dan VAS, ketiga operator ini ingin membangkitkan RBT, tentunya dengan izin BRTI sambil menunggu regulasi baru disahkan," ujar Gideon saat dihubungi KompasTekno.

Diana M. Sevi, Manager Value Added Service (VAS) Indosat mengatakan, program yang dijalankan ini diharap dapat meningkatkan trafik RBT. Pembelian RBT akan menggunakan sistem one time purchase (satu kali pembelian) dalam waktu tertentu.

Dalam proyek RBT Bersama, ketiga operator ini telah bekerja sama dengan label musik besar tanah air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com