Kompas.com - 28/11/2012, 19:21 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS/LASTI KURNIA Kegiatan di call centre operator seluler XL untuk melayani informasi pelanggan hingga aktifasi ring back tone (RBT), di Mega Kuningan, Jakarta, Senin (7/9). PT Excelcomindo Pratama Tbk mencatat penjualan RBT bernuansa Islami naik tajam hingga 14 kali lipat sejak awal bulan Ramadhan dengan jumlah aktifasi sekitar 200.000 RBT.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga perusahaan operator seluler besar di Indonesia siap "mendendangkan" alias membangkitkan lagi bisnis nada dering ponsel (ring back tone/RBT) melalui proyek RBT Bersama. Ketiga operator seluler itu adalah Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

"Rencananya akan diluncurkan Desember. Saat ini kami sedang izin ke BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-red) untuk RBT Bersama," kata Dian Siswarini Direktur Teknologi, Konten, dan Bisnis News XL, di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Hal ini diamini dua operator seluler lainnya, Indosat dan Telkomsel. Project Director of Service, Content, Applications an Portal, Task Force Telkomsel Gideon E. Purnomo, menyatakan, rencana ini sudah dibicarakan secara rutin oleh ketiga operator sejak 2 bulan lalu.

Bisnis RBT saat ini masih dijalankan oleh para operator. RBT ikut lesu sejak BRTI menghimbau operator seluler untuk menghentikan layanan SMS premium terkait kasus pencurian pulsa akhir 2011 lalu. Menurut Dian, ada salah pengertian yang menyatakan bahwa RBT termasuk dalam layanan konten, yang berimbas pada penurunan pelanggan RBT.

"Di tengah kelesuan bisnis konten dan VAS, ketiga operator ini ingin membangkitkan RBT, tentunya dengan izin BRTI sambil menunggu regulasi baru disahkan," ujar Gideon saat dihubungi KompasTekno.

Diana M. Sevi, Manager Value Added Service (VAS) Indosat mengatakan, program yang dijalankan ini diharap dapat meningkatkan trafik RBT. Pembelian RBT akan menggunakan sistem one time purchase (satu kali pembelian) dalam waktu tertentu.

Dalam proyek RBT Bersama, ketiga operator ini telah bekerja sama dengan label musik besar tanah air.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.