Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pahala Terindah" Sapu Bersih Piala Vidia

Kompas.com - 30/11/2012, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Film televisi (FTV) Pahala Terindah menyapu bersih Piala Vidia di sejumlah kategori bergengsi pada Malam Penganugerahan Piala Vidia Festival Film Indonesia 2012 yang berlangsung di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2012) malam.  



Pahala Terindah
menyisihkan nomine-nomine lainnya yang juga diunggulkan di 12 kategori yang diperebutkan. Di kategori FTV Terbaik, FTV produksi PT Demi Gisella Citra Sinema dan PT Surya Citra Televisi menyisihkan unggulan lainnya, yakni Bintang FilmCinta Pengamen Badut, Citra, dan Namaku Pariyem.

Dua bintang utama Pahala Terindah, Slamet Rahardjo Djarot dan Ratna Riantiarno, dinobatkan sebagai Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik. Tak hanya itu, film televisi ini juga menyabet penghargaan untuk kategori Sutradara, Sinematografi, Artistik, Penata Suara, hingga Pemeran Pembantu Wanita.

Ketua Dewan Juri Piala Vidia, Arswendo Atmowiloto, mengungkapkan, rata-rata FTV Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa, terutama dalam pencapaian sinematografinya. "Walau baru satu atau dua perusahaan yang menghasilkan FTV seperti itu, tetap hasilnya sangat bagus," ujarnya.

Sementara itu, pencapaian kemajuan teknis dalam pembuatan film televisi, menurut Arswendo, sebenarnya dapat dilihat sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, pada tahun ini kemajuan tersebut kian terasa meskipun secara teknologi penggunaan efek-efek belum terlihat.

Sebanyak 77 judul FTV ikut ambil bagian dalam ajang ini dan mendapatkan penilaian dewan juri selama tanggal 5-21 November 2012.

Dewan juri mulai melakukan seleksi tahap awal pada tanggal 5 hingga 7 November 2012. Dalam tahap pertama, 24 judul FTV berhasil lolos ke babak berikutnya yang diadakan antara 12 hingga 14 November 2012. 

Di tahap kedua ini, 12 FTV unggulan pun dipilih dan ditetapkan pula nominasi 12 kategori. Tahap selanjutnya menghasilkan lima judul FTV yang menjadi nominasi calon peraih Piala Vidia. Pada tanggal 27 November 2012 adalah terakhir kalinya dewan juri melakukan sidang dan menentukan nama-nama pemenang dari semua kategori yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com