Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psy Minta Maaf Pernah Ikut Protes Anti-Amerika

Kompas.com - 08/12/2012, 15:36 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Penyanyi rap Korea Selatan Psy, yang lagunya Gangnam Style menjadi sensasi di internet, meminta maaf karena melakukan aksi protes anti-AS pada beberapa tahun yang lalu.

Dia menerbitkan pernyataan itu setelah laporan media AS menyebutkan dia tampil dalam sebuah konser yang memprotes kehadiran pasukan AS di Korea Selatan dan Irak.

Penyanyi itu menyatakan dia akan "merasa menyesal selamanya" atas perasaan sakit yang dia sebabkan.

Dalam sebuah konser 2002 lalu yang digelar untuk memprotes kehadiran militer AS di Korea Selatan, penyanyi menampilkan aksi dengan menabrak sebuah tiruan tank AS yang diletakkan di panggung.

Dalam konser lain yang digelar pada 2004 lalu, Psy menampilkan sebuah lagu yang menggambarkan pembunuhan "Yankees" yang menyiksa tahanan Irak dan membunuh keluarga mereka "secara perlahan dan menyakitkan".

Lirik itu diambil dari lagu Dear American milik band metal asal Korea Selatan Next.

"Ketika saya mensyukuri kebebasan untuk mengekspresikan diri sendiri, saya belajar bahwa ada batasan terhadap bahasa yang pantas dan saya sangat menyesal atas lirik yang dapat ditafsirkan," tulisnya dalam sebuah pernyataan.

"Saya akan merasa menyesal selamanya atas perasaan sakit yang ditumbulkan dari kata-kata tersebut." 

Bukan Rahasia

Psy, yang mengenyam pendidikan di AS, mengatakan dia paham "pengorbanan tentara AS laki-laki dan perempuan yang melindungi kemerdekaan dan demokrasi di negara saya dan di seluruh dunia".

Dia menambahkan:" Saya mendapatkan penghormatan untuk tampil di hadapan tentara Amerika dalam beberapa bulan terakhir... dan saya berharap mereka dan seluruh orang Amerika dapat menerima permintaan maaf saya".

Keterlibatan penyanyi ini dalam protes bukan merupakan rahasia lagi di Korea Selatan, tetapi tidak diketahui di AS sampai beberapa waktu terakhir, seperti dilaporkan oleh kantor berita AP.

Psy akan tampil dalam acara khusus TV "Christmas in Washington".

Presiden AS Barack Obama dan keluarnya diperkirakan akan hadir dalam konser tersebut.

Gedung Putih telah mengkonfirmasi bahwa Presiden Obama dan keluarganya akan hadir dalam konser amal pada 21 Desember mendatang yang akan menampilkan Psy.

Lagu Psy yang terkenal Gangnam Style menjadi video yang paling banyak ditonton di situs YouTube, dengan lebih dari 900 juta penonton sejak dipublikasikan pada Juli lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com