Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski "Bontot", iPhone Bikin Indosat Untung

Kompas.com - 13/12/2012, 10:52 WIB

Aditya Panji/KOMPAS.com Director & Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan ponsel pintar iPhone di Indonesia memang tak sebesar BlackBerry ataupun Android. Namun, operator seluler Indosat mengaku untung berjualan iPhone. Mengapa?

Indosat baru menjadi mitra resmi Apple pada Mei 2012 untuk menjual iPhone 4S, kalah cepat dibanding Telkomsel dan XL Axiata. Nah, dari pengalaman itu, Indosat meraup keuntungan besar dari penggunaan layanan seluler dan data (internet) yang dibundel dengan iPhone.

Average revenue per user (ARPU) iPhone di Indosat lebih dari Rp 200.000, sementara total ARPU di Indosat sekitar Rp 30.000.

Director & Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer, mengatakan, banyak pengguna iPhone yang mengunduh atau memperbarui aplikasi. "Sinkronisasi data ke layanan iCloud juga butuh bandwidth besar," katanya di Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Sebelumnya, Division Head Mobile Data Segment Indosat Sharif Mahfoedz, mengungkapkan, penggunaan layanan data dari perangkat iOS dan Android bisa mencapai 700MB sampai 800MB per bulan. Jumlah itu berbanding cukup jauh dengan penggunaan layanan data BlackBerry yang hanya menghabiskan 400MB per bulan.

Erik mengakui, layanan data adalah masa depan bisnis telekomunikasi. Dalam kerjasama penjualan iPhone, Apple meminta agar operator seluler yang menjual iPhone memberi layanan data terbaik untuk penggunanya.

"Apple benar-benar ingin memberi pengalaman terbaik untuk pengguna. Karena itu ada banyak aturan yang harus dipenuhi operator," jelas Erik.

Menurut data lembaga riset GfK, penjualan iPhone di Indonesia masih sangat kecil hanya 1% dari seluruh penjualan ponsel. Pangsa pasar Indonesia masih dikuasai BlackBerry dengan 53%, Android 24%, dan Nokia 18%.

Indosat mengklaim, hampir 1.000 pelanggannya yang telah mengajukan permintaan untuk mengganti kartu SIM dengan kartu SIM jenis Nano, yang saat ini hanya digunakan di iPhone 5.

iPhone 5 secara resmi mulai dipasarkan di Indonesia pada 14 Desember mendatang. Indosat telah menyediakan 1.000 unit untuk penjualan perdana. 250 unit telah dipesan pada masa pre-order sejak 8 Desember lalu. Pekan berikutnya Apple akan mengirimkan 1.300 unit lagi untuk Indosat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com