"Sang Kyai" Empat Hari di Solo

Kompas.com - 16/12/2012, 11:03 WIB
EditorMarcus Suprihadi

SOLO. KOMPAS.com -- Produksi film Sang Kyai, yang bercerita tentang kisah KH Hasyim Asy'ari dalam kurun waktu 1942-1947, saat ini dalam proses shooting rangkaian terakhir yang mengambil lokasi di Kota Solo, Jawa Tengah.

Di Solo, shooting dilakukan selama empat hari di beberapa tempat, di antaranya di gedung Dewan Harian Cabang (DHC) '45, gedung tua yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Sejumlah artis ternama yang terlibat dalam film ini akan hadir untuk shooting di Solo, antara lain Ikranagara, yang berperan sebagai KH Hasyim Asy'ari; Christine Hakim, yang berperan sebagai Nyai Kapu, istri KH Hasyim Asy'ari; dan Adipati Dolken, yang menjadi salah seorang santri sang kyai.

"Lokasi shooting sebelumnya di Kediri, Ambarawa, Kota Semarang, dan Klaten. Kami cari tempat-tempat yang mendukung untuk setting waktu pada tahun-tahun 1942-1947," kata Produser Rapi Films, Sunil Samtani, Minggu (16/12/2012).

Sunil mengaku, dirinya sangat bangga dapat memproduksi film yang menggambarkan sosok kyai kharismatik seperti KH Hasyim Asy'ari. Pihaknya berharap film ini dapat berkontribusi sebagai dorongan moral dalam menyemangati generasi muda masa kini melalui nilai-nilai positif yang terkandung dalam film.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X