Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Habibie-Ainun Sangat Romantis

Kompas.com - 17/12/2012, 21:06 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi terkesan dengan romantisme Presiden ke-3 RI BJ Habibie dengan (almarhum) Hasri Ainun Habibie. Romantisme itu dikisahkan kembali dalam film berjudul Habibie-Ainun.

"Beliau berdua sangat romantis," kata Jokowi seusia menonton film Habibie-Ainun pada pemutaran perdana di XXI Epicentrum, Jakarta, Senin (17/12/2012).

Jokowi menilai banyak hal yang bisa dicontoh dalam kehidupan Habibie-Ainun. Keduanya saling mengisi dan menerima kekurangan masing-masing. Menurut Jokowi, pasangan seperti itu sudah langka saat ini.

Para penonton yang ikut menyaksikan pemutaran perdana itu tampak menangis. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tampak mengusap kedua matanya dengan tangan.

Apakah Jokowi juga menangis? "Saya sangat sulit menangis," jawab dia.

Tapi bapak romantis juga? "Saya ini enggak romantis," jawab suami Iriana itu.

Kalau kisah hidup bapak difilmkan juga gimana? "Yah, siapa yang mau nonton?" jawab mantan Walikota Surakarta itu disambut tawa wartawan.

Film karya surtradara Faozan Rizal itu menceritakan kisah hidup Habibie-Ainun ketika masih sekolah hingga Ainun wafat di Jerman pada 22 April 2010 akibat kanker ovarium. Habibie diperankan oleh Reza Rahadian dan Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari.

Film Habibie Ainun diangkat berdasarkan buku best seller yang ditulis sendiri Habibie, sebagai bentuk curahan cinta setelah ditinggal wafat istri terkasih. Buku ini ditulis hanya dalam waktu 2,5 bulan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com