"The Hobbit" Masih Terlaris

Kompas.com - 24/12/2012, 14:42 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Nama sutradara Peter Jackson tampaknya lebih menarik penonton dibanding Tom Cruise, seiring film epik  The Hobbit: An Unexpected Journey yang tetap bercokol di puncak tangga  box office untuk kedua kali.

Film fantasi terbaru dari sutradara  The Lord of The Rings itu diperkirakan meraup 36,7 juta dollar lewat penjualan tiket selama periode akhir pekan (Jumat-Minggu), kata distributor Warners Bros, turun 57 persen dari penjualan sebesar 84,5 juta dollar pada pekan lalu saat film itu memasuki wilayah Amerika Utara.

Padahal, film tersebut mendapat lebih banyak tempat di bioskop pada pekan keduanya dengan diputar di 4.100 bioskop di seluruh Amerika Utara dan Kanada.

Film yang merupakan prekuel dari waralaba film laris  Lord of the Rings itu merupakan film pertama dari tiga film yang akan dibuat Jackson dalam format 3-D.

Film itu telah meraup pendapatan kotor sebesar hampir 150 juta dollar sejak ditayangkan di layar perak Amerika Utara sepuluh hari lalu, dengan raupan lebih dari 350 juta dollar di seluruh dunia.

Sementara itu,  Jack Reacher berada di posisi kedua tangga  box office pada akhir pekan ini. Film yang bergenre kriminal itu dibintangi oleh Tom Cruise, dengan pendapatan penjualan tiket di 3.352 lokasi sebesar 15,6 juta dollar. Capaian itu sesuai dengan prediksi pra-rilis yang dicanangkan pihak distributor.

Adaptasi dari novel laris  One Shot  karya Lee Child yang ditulis pada 2005 itu diproduksi oleh Paramount, dengan penontonnya tercatat sebagian besar merupakan orang dewasa. Sebanyak 76 persen penonton film itu berusia 25 tahun atau lebih, dengan 60 persen di antaranya adalah laki-laki.

Film berbudget 60 juta dollar yang ditulis dan disutradarai Christopher McQuarrie itu mengisahkan tentang Crusise yang memerankan seorang perwira polisi militer yang menginvestigasi sebuah kasus.

Film yang mendapat rating CinemaScore "A-" itu juga meraup 2,5 juta dollar dari pemutarannya di 7 negara di seluruh dunia.

Menyusul  Jack Reacher di posisi ketiga, ada film  This Is 40, sebuah film komedi dengan rating R yang ditulis dan disutradarai Judd Apatow, dan diproyeksikan meraup 12 juta dollar dari 2.913 bioskop. Sebanyak 57 persen penonton film itu merupakan wanita, yang juga memberikan rating "B-" dalam CinemaScore.

Melengkapi 10 film terpopuler di Amerika Utara akhir pekan ini adalah  Rise of The Guardians (5,9 juta dollar),  Lincoln (5.6 juta dollar), The Guilt Trip (5,4 juta dollar dalam pemutaran perdana),  Monsters, Inc. 3D (5 juta dollar dalam pemutaran perdana),  Skyfall (4,7 juta dollar), Life of Pi (3,8 juta dollar), dan  The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 2 (2,6 juta dollar).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.