Terjebak Macet, Giring Ciptakan Lagu untuk "5 cm"

Kompas.com - 24/12/2012, 15:00 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Empat lagu dibuat grup band Nidji untuk menjadi soundtrack film 5 cm garapan sutradara Rizal Mantovani, yakni "Di Atas Awan Kita Kan Menang", "Rahasia Hati", "Tak Akan Mati", dan sebuah intro untuk film tersebut.

Nah, satu di antara judul lagu yang dipersembahkannya untuk film yang sudah ditonton lebih dari 1 juta orang dalam 10 hari itu, ditulis Giring, vokalis band tersebut, ketika terjebak di tengah kemacetan kota Jakarta.

"Saya tulisnya di tengah kemacetan Jakarta. Mikirnya, 'Ah, daripada enggak ada kerjaan, nulis lirik deh'," ujar Giring di acara syukuran tembusnya angka 1 juta penonton untuk film 5 cm di Blok M Square, Jakarta Selatan, akhir pekan kemarin.

Pada awalnya, Giring "Nidji" hanya diminta menuliskan dua buah lagu saja, dan itu pun bukan hal yang mudah bagi Giring. "Kita berenam orang Jakarta yang enggak pernah ke (Gunung) Semeru, kerjanya ke mal aja. Jadi, kita harus berpikir gimana (biar bisa menulis), dan kita research. Akhirnya, kita tanya-tanya ke salah satu kru yang pernah naik gunung," tuturnya.

Dari informasi seorang kru itulah, pemilik nama lengkap Giring Ganesha ini bisa merasakan bagaimana berada di puncak gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa itu. Alhasil, terciptalah lagu "Di Atas Awan Kita Kan Menang".

Walaupun sulit untuk menuliskan lirik lagu untuk film garapan Rizal Mantovani ini, Giring mengaku sudah menyukai 5 cm sejak membaca skenarionya. "Banyak skrip film yang datang ke kita dan harus disaring dari saya dulu. Dari halaman pertama skenario yang saya baca, saya sudah tahu ini harus kayak apa (visualnya)," beber Giring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.