Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2012, 11:14 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang butuh makan. Oleh karena itu, amatlah wajar bila bisnis kuliner yang mampu memanjakan lidah kian menjamur di berbagai daerah. Konon, jika pandai-pandai meracik menu lezat, berkonsep inovatif, dan bersih, usaha makanan akan mampu bertahan serta mengeruk banyak keuntungan.

Salah satu lini usaha kuliner yang tak tergerus waktu adalah bisnis katering. Usaha ini mampu menjangkau banyak orang sesuai kebutuhannya, salah satunya untuk kebutuhan resepsi pernikahan.

Perhelatan penting ini identik dengan suasana bahagia dalam perjamuan makan. Hidangan bercita rasa lezat akan mampu meninggalkan kesan positif bagi para tamu. Untuk itulah dibutuhkan strategi bagi para pengusaha katering untuk mampu membuat dan mempertahankan kualitas menu makanan dan minumannya.

Jika berniat menggeluti usaha ini, jangan kesampingkan faktor pemasaran. Brosur, iklan di media, dan word of mouth marketing jadi senjata ampuh berpromosi. Di sinilah pentingnya membangun jaringan kuat supaya bisnis katering Anda eksis.

Selain itu, faktor penting yang perlu diprioritaskan adalah urusan harga. Pasalnya, sudah pasti pelanggan akan mencari dan menawar harga yang terjangkau. Oleh karena itu, Anda perlu berani memberikan harga kompetitif tanpa mengurangi kualitas dari makanan tersebut.

Urusan menu yang variatif juga akan menjadi kunci kesuksesan bisnis kuliner. Diperlukan inovasi masakan agar pelangga punya banyak pilihan dan tidak lekas bosan. Untuk itu, Anda dapat menggali informasi seputar masakan daerah dan negara lain yang dimodifikasi sesuai cita rasa pelanggan. Ciptakan pula rasa masakan lezat yang khas, sebagai ciri katering Anda.

Faktor kebersihan juga menjadi hal mutlak. Sebagai pengusaha katering, Anda perlu memerhatikan kebersihan dalam setiap bahan masakan, bumbu, dan peralatan masak. Untuk menambah nilai lebih di mata pelanggan, sebaiknya pergunakan alat-alat makan yang unik, yang sesuai masakannya. Contohnya masakan Sunda, pergunakan piring dari anyaman rotan kecil atau tanah liat yang dialasi daun pisang.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam memulai dan menjalankan bisnis katering, asalkan memiliki modal yang cukup dan kemauan besar untuk memajukannya. Tidak lupa, dengarkan juga saran dari para ibu atau rekan usaha lain yang sudah lebih dulu memulai usaha ini lalu kembangkan ide sesuai kreasi dan selera pelanggan. (*/AJG)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com