Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNN: Raffi Ahmad Ditahan, Enam Direhab, Satu Dilepas

Kompas.com - 01/02/2013, 15:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka kepemilikan dan penggunaan narkoba, pembawa acara, artis peran, yang juga penyanyi Raffi Ahmad juga ditetapkan sebagai tahanan Badan Narkotika Nasional (BNN). Raffi akan menjalani penahanan selama 20 hari guna menjalani proses penyelidikan lebih lanjut.

"Untuk tersangka R (Raffi) telah diterbitkan surat penahanan selama 20 hari terhitung mulai Jumat (1/2/2013) dan ditahan di rumah tahanan BNN," papar Kepala Humas BNN Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto dalam jumpa pers di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (1/2/2013).

Penahanan presenter program musik Dahsyat itu dilakukan setelah Raffi terbukti memiliki dan menguasai methylon yang selama ini disebut-sebut sebagai narkoba jenis baru yang mengandung turunan dari zat cathinone beserta dua linting ganja.

"R terbukti menguasai methylon dan dua linting ganja," kata Sumirat.

Sementara itu, BNN menetapkan enam tersangka lainnya menjalani rehabilitasi yang bertempat di kawasan Lido, Jawa Barat. "Terhadap tersangka lainnya sambil menunggu proses penyidikan akan ditempatkan di rehab nasional, di Lido, Cigombong, Jawa Barat," jelas Sumirat.

Ketujuh tersangka lainnya yang akan ditempatkan di tempat rehabilitasi nasional Lido, antara lain, "Saudara W, umur 34, pekerjaan swasta atau konsultan restoran positif berdasar lab MDMA dan juga methylon, status tersangka dengan Pasal 127," kata Sumirat.

"Saudara M, wiraswasta, positif ganja, dan methylon status tersangka dengan Pasal 127; Saudara RJ, pekerjaan wiraswasta, positif menggunakan methylon, disangkakan Pasal 127; Saudara MF pekerjaan swasta, hasil pemeriksaan lab positif ganja dan juga methylon, status tersangka dan status yang dikenakan Pasal 127; K, mahasiswa positif MDMA, ganja, ekstasi, methylon, Pasal 127; Saudara J, wiraswasta hasil pemeriksaan positif MDMA dan methylon tersangka 127," lanjutnya.

Adapun satu tersangka lainnya, yaitu UW, dibebaskan dengan jaminan keluarga. "Saudara UW, pekerjaan swasta, negatif ganja, negatif MDMA, negatif methylon, status tersangka, dikenakan Pasal 131. UW tidak dilakukan penahanan ancaman kurungan satu tahun (karena mengetahui tapi tidak melapor)," jelas Sumirat.

Sebelumnya, BNN telah membebaskan sembilan orang yang telah dilepaskan dan tidak terbukti mengonsumsi narkoba adalah Zaskia Sungkar, Irwansyah, Wanda Hamidah, Sri Dewi, Mira, Furki, Roni, Nafi, dan Muhammad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com