"5 Menit Sebelum Tayang" Raih Penghargaan Komik Jepang

Kompas.com - 04/02/2013, 15:30 WIB
EditorAti Kamil

TOKYO, KOMPAS.com -- Komik buatan anak bangsa meraih Silver Award dalam International Manga Awards yang diselenggarakan untuk keenam kalinya. Komik 5 Menit Sebelum Tayang berhasil menyisihkan 244 karya pesaing dari 38 negara.

Komik karya Muhammad Fathanatul Haq dan Ockto Baringbing itu merupakan salah satu dari tiga pemenang Silver Awards, seperti dikutip dari rilis Kementerian Luar Negeri Jepang. Kemenangan ini disambut gembira oleh Muhammad Fathanatul Haq, ilustrator 5 Menit Sebelum Tayang.

"Sebagai penggambar saya senang sekali, tapi sebagai pembuat cerita, saya iri dengan Ockto yang bisa bikin cerita seperti itu," kata dia lewat pesan singkat pada ANTARA News, Sabtu (2/2/2013) malam.

5 Menit Sebelum Tayang mengisahkan liku-liku Budi, editor stasiun televisi, dalam menghadapi dunia pertelevisian Indonesia.

International Manga Awards, yang diadakan sejak Mei 2007 oleh pemerintah Jepang, dibuat untuk memberi penghargaan kepada para komikus asing yang telah berkontribusi dalam mempromosikan manga di luar Jepang. Indonesia merupakan negara ketiga yang mengirim peserta terbanyak tahun ini dengan 21 aplikasi. Peserta terbanyak berasal dari Thailand dengan 47 karya, diikuti Taiwan dengan 36 karya.

Upacara penganugerahan penghargaan bagi para pemenang Gold Award dan Silver Awards akan dilaksanakan di Tokyo pada 8 Februari mendatang.

Pemenang Gold Award adalah Kosin Jeenseekong dengan Listening to the Bell dari Thailand. Sementara itu, dua peraih Silver Awards lainnya adalah Melon Seed School Vol. 3 karya Ittiwat Suriyamart dari Thailand dan Floating Flower karya Yao Wei dari China. (nan/Ruslan Burhani)

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X