Mantan Polisi Jadi Buron, Keamanan Grammy Awards 2013 Diketatkan

Kompas.com - 11/02/2013, 06:18 WIB
EditorAti Kamil

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Minggu (10/2/2013) sore waktu setempat, para bintang musik mulai berjalan di karpet merah Staples Center, Los Angeles (California, AS) untuk menghadiri pergelaran Grammy Awards 2013 atau ke-55. Dari yang kawakan seperti Elton John dan Sting hingga pendatang baru seperti band fun. ambil bagian.

Penyelenggara bersama polisi setempat membuat keamanan ketat untuk perhelatan terbesar industri musik dunia itu. Para polisi di sana memang juga sedang memburu seorang buronan, mantan polisi bernama Christopher Dorner, yang diduga telah membunuh tiga orang dan mengancam akan membunuh lebih banyak lagi polisi. Sudah tiga hari Doner melarikan diri.

Penyelenggara Grammy Awards, National Academy of Recording Arts and Sciences (NARAS), kali ini berharap menghindari drama yang menjadi daya tarik Grammy Awards--tahun lalu, Whitney Houston tewas karena narkoba; empat tahun lalu, Chris Brown membuat wajah Rihanna babak belur dalam pertengkaran.

Rangkaian acara utama berdurasi tiga setengah jam tersebut telah dimulai pukul 17.00 waktu setempat dengan penganugerahan penghargaan untuk kategori-kategori yang bukan ada di jalur utama industri musik dunia. Sebut saja, Best Historical Album untuk Brian Wilson dari Beach Boy.

Rihanna menjadi salah satu bintang yang akan tampil di pentas, seperti juga Frank Ocean, The Black Keys, Jack White, Kelly Clarkson, dan Gotye. Namun, fun. dari New York menjadi salah satu nama yang mendapat paling banyak nominasi, enam kategori, termasuk Best Album (Some Nights), Best Song ("We are Young"), Best Record (untuk para produser lagu "We are Young"), dan Best New Artist.

Artis R&B Frank Ocean juga mencetak angka yang sama. Ia menjadi nomine pada enam kategori, termasuk Best Album (Channel Orange), Record of the Year ("Thinkin Bout You"), Best New Artist, dan Best Urban Contemporary Album.

Yang juga bersaing dalam kategori Best Album adalah The Black Keys dengan El Camino, grup rock-folk Inggris Mumford & Sons dengan Babel, dan rocker White dengan Blunderbuss. Sementara itu, penghargaan dalam kategori Record of the Year diperebutkan oleh lagu "Lonely Boy" dari The Black Keys, "Stronger (What Doesn’t Kill You)" dari Kelly Clarkson, "Somebody That I Used to Know" dari Gotye,  dan "We Are Never Ever Getting Back Together" dari Taylor Swift.

Nominasi Best Song tahun ini adalah "The A Team" dari vokalis balada Inggris Ed Sheeran, "Adorn" dari Miguel, "Call Me Maybe" dari Carly Rae Jepsen, "Stronger (What Doesn’t Kill You) dari Kelly Clarkson, dan "We are Young" dari fun.

Dalam bagian In Memoriam pada Grammy Awards 2013, Elton John, Mumford & Sons, dan sejumlah nama lainnya menyajikan pertunjukan penghormatan bagi mendiang Levon Helm, mantan drummer dan vokalis The Band. Legenda sitar dari India, mendiang Ravi Shankar, yang meninggal dunia pada Desemeber 2012, menerima Lifetime Achievement Award. Vokalis dan pencipta lagu Carole King, yang terkenal dengan lagu, sebut saja, "You’ve Got a Friend", juga akan mendapat penghargaan atas kariernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.