Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, "Argo" Jadi Film Terbaik

Kompas.com - 11/02/2013, 08:22 WIB

LONDON, KOMPAS.comArgo, film garapan sutradara Ben Affleck, kembali menunjukkan pamornya di ajang penghargaan bergengsi. Film yang mengisahkan upaya penyelematan para diplomat Amerika Serikat saat revolusi Iran tahun 1979 itu, dinobatkan sebagaai Film Terbaik pada malam penganugerahan BAFTA Award di London, Minggu (10/2/2013) waktu setempat.

Film ini juga mengantarkan Affleck sebagai Sutradara Terbaik dan menjadikan film tersebut sebagai unggulan teratas penerima Oscar pada 24 Februari nanti.

George Clooney, aktor yang juga salah satu produser Argo, menyambut bahagia kemenangan film tersebut. Saat menerima penghargaan, ia memuji kehebatan dan talenta yang dimiliki Affleck. "Kamu memang cerdas dan tahu apa yang kamu inginkan, tapi yang lebih penting kamu mencintai apa yang kamu kerjakan," ujarnya.

Tak hanya milik Affleck, kesuksesan pun diraih aktor Daniel Day-Lewis, yang kembali meraih mahkota Aktor Terbaik untuk perannya sebagai Presiden Abraham Lincoln dalam film Lincoln. Di ajang BAFTA, Lincoln dinominasikan di sepuluh kategori dan Day Lewis satu-satunya yang berhasil membawa pulang piala.

Sementara itu, aktris Perancis Emmanuelle Riva (85) menjadi Aktris Terbaik lewat penampilannya dalam film Amour garapan sutradara Michael Haneke. Ini menjadi penghargaannya yang pertama setelah sempat dinominasikan di ajang serupa pada tahun 1961 lewat film Hiroshima, Mon Amour sebagai Aktris Asing Terbaik. Kala itu, ia harus mengakui kemampuan akting Shirley MacLaine, yang dianggap lebih layak.

Amour, film yang dinominasikan di ajang Oscar 2013 ini, juga dinobatkan sebagai Film Berbahasa Asing. Bintang yang juga menuai suksesnya kali ini adalah Anne Hathaway (Les Miserables) dan Christoph Waltz (Django Unchained) yang masing-masing meraih aktris dan Aktor Pemeran Pendukung Terbaik. (EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com