Lagi, "Argo" Jadi Film Terbaik

Kompas.com - 11/02/2013, 08:22 WIB
EditorKistyarini

LONDON, KOMPAS.comArgo, film garapan sutradara Ben Affleck, kembali menunjukkan pamornya di ajang penghargaan bergengsi. Film yang mengisahkan upaya penyelematan para diplomat Amerika Serikat saat revolusi Iran tahun 1979 itu, dinobatkan sebagaai Film Terbaik pada malam penganugerahan BAFTA Award di London, Minggu (10/2/2013) waktu setempat.

Film ini juga mengantarkan Affleck sebagai Sutradara Terbaik dan menjadikan film tersebut sebagai unggulan teratas penerima Oscar pada 24 Februari nanti.

George Clooney, aktor yang juga salah satu produser Argo, menyambut bahagia kemenangan film tersebut. Saat menerima penghargaan, ia memuji kehebatan dan talenta yang dimiliki Affleck. "Kamu memang cerdas dan tahu apa yang kamu inginkan, tapi yang lebih penting kamu mencintai apa yang kamu kerjakan," ujarnya.

Tak hanya milik Affleck, kesuksesan pun diraih aktor Daniel Day-Lewis, yang kembali meraih mahkota Aktor Terbaik untuk perannya sebagai Presiden Abraham Lincoln dalam film Lincoln. Di ajang BAFTA, Lincoln dinominasikan di sepuluh kategori dan Day Lewis satu-satunya yang berhasil membawa pulang piala.

Sementara itu, aktris Perancis Emmanuelle Riva (85) menjadi Aktris Terbaik lewat penampilannya dalam film Amour garapan sutradara Michael Haneke. Ini menjadi penghargaannya yang pertama setelah sempat dinominasikan di ajang serupa pada tahun 1961 lewat film Hiroshima, Mon Amour sebagai Aktris Asing Terbaik. Kala itu, ia harus mengakui kemampuan akting Shirley MacLaine, yang dianggap lebih layak.

Amour, film yang dinominasikan di ajang Oscar 2013 ini, juga dinobatkan sebagai Film Berbahasa Asing. Bintang yang juga menuai suksesnya kali ini adalah Anne Hathaway (Les Miserables) dan Christoph Waltz (Django Unchained) yang masing-masing meraih aktris dan Aktor Pemeran Pendukung Terbaik. (EH)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.