Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Zero Dark Thirty" dan "Argo" Raih WGA

Kompas.com - 18/02/2013, 18:26 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Para penulis naskah film dan televisi Amerika Serikat memberikan Writers Guild Awards (WGA) kepada film  Zero Dark Thirty dan Argo pada Minggu waktu setempat, sepekan sebelum gelaran Oscars.

Penulis naskah Mark Boal meraih penghargaan WGA untuk kategori Skenario Asli Terbaik melalui  Zero Dark Thirty, yang menceritakan kronologi perburuan untuk meringkus pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden.

Saat ditanya di belakang panggung mengenai pesan film itu Boal menjawab, "Saya kira (sutradara Kathryn Bigelow) mengatakan yang terbaik saat dia mengatakan ingin memberikan secercah cahaya dalam satu dekade gelap. Saya tidak tahu apakah saya bisa menyatakan lebih baik dari itu."

Sementara film Argo yang berkisah tentang penyelamatan sandera AS saat revolusi Iran tahun 1979 mengantarkan Chris Terrio meraih WGA kategori Skenario Adaptasi Terbaik.

"Saya belum pernah memenangi penghargaan atas nama saya sebelumnya," kata Terrio seperti dikutip Reuters.

Penghargaan WGA meningkatkan potensi film pemenangnya dalam kompetisi perebutan penghargaan Oscar karena beberapa anggota kelompok penulis juga anggota Academy of Motion Arts and Sciences, yang akan menggelar Oscars pada 24 Februari 2013.

WGA juga memberikan penghargaan khusus kepada penulis Tony Kusher untuk film Lincoln, yang bercerita tentang perjuangan Presiden Abraham Lincoln menghapuskan perbudakan.

Argo dan Lincoln disebut-sebut berada di barisan depan perebutan penghargaan film terbaik Oscars 2013.

Selain itu WGA memberikan penghargaan kepada penulis naskah dan sutradara Searching for Sugar Man, Malik Bendjelloul, untuk kategori penulisan naskah dokumenter terbaik.

Sementara  Breaking Bad mendapat penghargaan sebagai Serial Drama Televisi Terbaik dan penulis naskah  Louie meraih penghargaan untuk kategori Serial Komedi Televisi Terbaik.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com