Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dolby Theater, Kemegahan di Balik Meriahnya Oscar

Kompas.com - 19/02/2013, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Seluruh dunia tengah menantikan perhelatan akbar Academy Award pada 24 Februari 2013 mendatang. Banyak orang menanti dengan sabar untuk mengagumi pakaian, perhiasan, serta riasan para bintang di acara tersebut. Namun, di balik glamornya para bintang di karpet merah, ada gedung yang sama megahnya dan sangat canggih sebagai lokasi acara, yaitu Dolby Theatre.

Sejak pembukaannya pada 9 November 2001, Dolby Theatre telah digunakan sebagai lokasi acara penghargaan Academy Award. Tahun ini, gedung pertunjukkan yang penah dikenal dengan nama "Kodak Theatre" dan "Hollywood and Highland Center Theatre" tersebut kembali digunakan oleh pihak penyelenggara.

Gedung ini berada di distrik Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Pembangunan gedung milik CIM Group tersebut menghabiskan dana sebesar 94 juta dollar AS. Dengan dana sebesar itu, Dolby Theatre tidak hanya memiliki kapasitas besar, melainkan juga sistem suara canggih. Bahkan, gedung ini mampu menampung penonton hingga 3.332 orang.

Rumah "Academy Award"

Gedung teater ini merupakan hasil karya David Rockwell dari Rockwell Group. Secara khusus, sejak awal pembuatannya, teater ini memang dirancang untuk menjadi "rumah" bagi penyelenggaraan Academy Award. Pasalnya, dengan ukuran 34 meter x 18 meter, panggung di dalamnya merupakan salah satu panggung terbesar di Amerika Serikat.

Namun Rockwell, sang arsitek, tidak serta merta mendesain gedung ini. Ia telah melalui riset dan proses perencanaan dan desain teknis mutakhir.

Seperti disebutkan sebelumnya, gedung ini memiliki sistem suara canggih. Hal ini tampak atau terasa dengan efek suara tiga dimensi yang membuat penonton merasakan pengalaman menonton pertunjukan kelas dunia. Bukan hanya bagi penonton yang hadir di teater tersebut, pengaturan interior gedung ini juga membuat proses perekaman acara menjadi lebih sempurna. Lewat televisi, Anda tetap bisa menikmati acara yang tengah berlangsung dengan kualitas prima.

Desain fasad dan interior gedung ini juga tidak sembarangan. Pengunjung sudah disambut dengan pintu berukuran masif yang menghadap ke Hollywood Boulevard. Inilah pintu utama untuk memasuki teater.

Setelah itu, pengunjung akan menemui "Award Walk" setinggi dua lantai. Di sini, Anda dapat melihat pemenang "Best Picture" pemenang Oscar. Kemudian, Anda dapat berjalan melalui tangga besar dengan keramik mozaik berwarna merah di jalan masuk.

Tangga spiral dengan karpet berwarna merah cherry menjadi "penengah" dari lobi teater setinggi lima lantai. Ruang ini memiliki plafon berbentuk oval dan kubah. Konon, desain ruangan ini terinspirasi dari karya Michelangelo, Campodiglio, di Roma, dan koreografi Busby Berkeley. Dua puluh enam foto pemenang Piala Oscar seperti Grace Kelly, Jack Nicholson, Marlon Brando, Halle Berry, dab Julia Roberts secara permanen dipajang di empat tingkat lobi gedung ini.

Ruang khusus penonton juga tidak kalah megahnya. Ruang ini memiliki "mahkota" perak berbentuk oval yang menyangga sekaligus menyembunyikan besi-besi penyangga lampu. Interior ruangannya penuh dengan warna merah cherry yang hangat. Selain itu, kilau tirai besar di atas panggung juga menambah kemegahannya.

Satu lagi hal istimewa dari Dolby Theatre. Dalam beberapa kesempatan khusus, papan nama gedung ini akan diubah mengikuti nama acara yang tengah diadakan di dalamnya. Sebagai contoh, untuk malam penganugerahan Oscar, gedung tersebut akan memiliki papan nama bertuliskan "The Academy Award". Selain itu, bagian depan gedung ini juga akan penuh dengan hiasan serta karpet merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com