Seth MacFarlane Kapok Jadi "Host" Oscars

Kompas.com - 27/02/2013, 11:04 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Komedian Seth MacFarlane mengaku "kapok" untuk menjadi pembawa acara pemberian penghargaan Academy Awards setelah mendapat kritikan dari sejumlah pemerhati televisi.
   
Pencipta serial animasi komedi  Family Guy itu ditanyai melalui akun Twitternya apakah dirinya akan bersedia jika diminta untuk membawakan Oscar untuk kedua kalinya, tetapi dia menjawab "Tidak akan, walaupun itu merupakan pengalaman yang menyenangkan".
   
Jawaban MacFarlane itu datang setelah para kritikus televisi mengeritik acara yang disaksikan 40,3 juta warga Amerika Serikat itu. Dalam ajang Oscars yang digelar pada Minggu (24/2/2013) malam waktu setempat, film drama penyanderaan diplomat di Iran, Argo, berhasil menyabet penghargaan Film Terbaik.
   
Dalam acara yang dipenuhi lelucon yang mengumbar hal seperti wanita telanjang, kaum homoseksual dan Yahudi, MacFarlane (39) memperolok dirinya sendiri ketika membuka acara bersama William Shatner. Shatner yang merupakan bintang Star Trek itu mengingatkan bahwa MacFarlane berada dalam ancaman untuk menjadi pembawa acara terburuk sepanjang sejarah Oscars.
   
Meskipun beberapa kritikus menyalahkan gaya MacFarlane dalam membawakan acara itu, beberapa kritikus lain juga menyoroti berbagai pementasan lagu dan tarian yang berlangsung selama acara. Secara keseluruhan acara yang diproduseri Craig Zadan dan Neil Meron tersebut berlangsung selama tiga setengah jam.
   
Penampilan MacFarlane sendiri terbukti sukses menarik perhatian para pemirsa kelompok usia muda berusia 18-49 tahun, yang jumlahnya meningkat 11 persen. Selain itu rating acara itu sendiri juga meningkat, sehingga menjadikan ajang Oscars tahun ini sebagai yang paling banyak disaksikan dalam tiga tahun terakhir.
   
MacFarlane juga menjadi pembicaraan hangat di jejaring sosial, yang 13 persen di antaranya tersebar di Facebook, Twitter dan blog. Sebuah riset media sosial yang dilakukan Fizziology merangkum bahwa MacFarlane dinobatkan sebagai "pembawa acara terbaik sepanjang masa" oleh para pengguna jejaring sosial.
   
MacFarlane adalah pencipta dan pengisi suara dalam komedi animasi jaringan kabel Fox Family Guy, American Dad dan The Cleveland Show. Dia melakukan debutnya di layar lebar sebagai sutradara melalui film Ted yang dirilis tahun lalu.
   
Saat ini MacFarlane tengah mengerjakan proyek berikutnya--menulis naskah dan menyutradarai film aksi komedi A Million Ways to Die in the West yang dibintangi Amanda Seyfried dan Charlize Teron.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.