Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Adele Terlaris di Dunia

Kompas.com - 27/02/2013, 16:04 WIB

LONDON, KOMPAS.com Album kedua Adele, 21, menduduki posisi teratas di berbagai negara di tahun kedua setelah dirilis, dan menjadi album terlaris di dunia.

Penyanyi Inggris ini meluncurkan album pada Januari 2011 lalu, dan terjual 8,3 juta kopi pada tahun lalu, seperti disampaikan oleh Federasi Internasional Industri Rekaman (IFPI).

Posisi kedua album terlaris adalah Red milik penyanyi Taylor Swift, yang terjual sebanyak 3 juta kopi.

Mantan kontestan X Factor, One Direction, yang meluncurkan dua rekaman, "Up All Night" dan "Take Me Home", menduduki posisi ketiga dan keempat album terlaris di seluruh dunia, dengan penjualan 4,5 juta kopi.

Sementara itu, single terlaris pada 2012 milik Carly Rae Jepsen melalui "Call Me Maybe" terjual 12,5 juta keping secara global.

Posisi kedua single terlaris, yaitu "Somebody That I Used To Know" milik Gotye terjual sebanyak 11,8 juta keping.

Adapun Psy asal Korea Selatan berhasil menjual single "Gangnam Style" sebanyak 9,7 juta kopi, menyusul single Fun, "We Are Young", terjual 9,6 juta kopi.

IFPI juga mencatat secara keseluruhan pendapatan dari industri musik pada tahun lalu meningkat sebesar 0,3 persen menjadi 16,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 160 triliun. Kenaikan ini merupakan yang pertama sejak 1999 lalu.

Paul Williams, kepala analis bisnis Music Week, mengatakan bahwa kenaikan tersebut "sangat berarti".

"Setelah beberapa tahun penurunan, (industri) rekaman akhirnya kembali naik," kata dia.

Laporan rutin IFPI juga menunjukkan pendapatan digital meningkat sampai 9 persen dari tahun lalu dan menjadi 34 persen dari keseluruhan pendapatan.

Secara keseluruhan, IFPI menyebutkan industri musik menunjukkan pemulihan setelah bertahun-tahun melemah. Meski demikian, masalah pembajakan yang masih marak di sejumlah negara juga menjadi sorotan dalam laporan IFPI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com