Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ria Enes Setia Mendongeng Bersama Boneka Susan

Kompas.com - 26/03/2013, 08:01 WIB

BELANDA, KOMPAS.com -- Seniman ventriloquist Ria Enes (44), dengan boneka Susan, masih setia berduet untuk mengocok perut pengunjung Pasar Malam Indonesia di Den Haag, Belanda, beberapa waktu lalu. Menjadi pembawa acara untuk latihan gamelan, Susan setia dengan gaya bercanda yang ceplas ceplos seperti saat awal tampil tahun 1991 mengeluarkan celotehan pengundang tawa.

Ibu tiga anak ini mengaku belum berencana untuk pensiun. Ria Enes kini sibuk mengurus lembaga pendidikan yang dia kelola, juga mengurus tiga anaknya yang kini sudah beranjak besar.

”Anak bungsu saya sudah masuk sekolah dasar sehingga kesibukan saya mulai berkurang. Semoga bisa kembali aktif,” kata Ria.

Meski sudah berkarya selama 22 tahun, Ria Enes tetap setia membawa boneka Susan dalam setiap penampilannya. Dia beralasan, seni ventriloquist bila dipadu dengan mendongeng bisa sangat efektif dalam mendidik anak. Alasannya, mereka seperti bermain dengan rekan sebaya sehingga materi bisa lebih mudah diterima.

Baginya, pendidikan lewat dongeng masih efektif bagi generasi muda di Indonesia. Dia tetap optimistis dan tetap berkarya meski acara seperti itu hampir tidak pernah dijumpai di layar televisi.

Dia pun menyarankan agar dongeng dibudayakan oleh keluarga sebagai sarana menyatu dengan anak, bukan malah disodori komputer tablet dan anak dibiarkan bermain sendiri. (eld)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com