NOAH: Yang Bagus Belum Tentu Masuk

Kompas.com - 27/03/2013, 14:17 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ada band yang memiliki personel spesialis pencipta lagu, seperti Badai (keyboard) dalam grup Kerispatih. Tapi, tidak demikian dengan NOAH, pun sedari mereka masih bernama Peterpan.

Untuk album Sepeti Seharusnya (2012), contohnya, semua personel NOAH--Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), David (keyboard), dan Reza (drum)--mendapat kesempatan untuk mencipta lagu.

"Album kemarin merata, ada yang (dicipta) Lukman sendiri, ada yang David sendiri, ada yang berdua (Ariel) bareng Lukman," kata Ariel, yang bersama rekan-rekan NOAH-nya diwawancara ketika berkunjung ke Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2013).

Lagu-lagu itu tercipta dalam berbagai kesempatan dan suasana. "Kadang ada yang dari Lukman sambil bercanda main gitar terus jadi lagu, ada juga yang digarap serius di studio langsung, ada juga yang sengaja duduk bareng," jelas Uki.

Tapi, ketika dipilih untuk dimasukkan ke dalam album, bisa saja sebuah lagu yang menurut mereka bagus malah tersisih.

"Jadi, pada saat ngumpul bikin album, ada delapan lagu yang sudah ada. Terus, mau masuk ke lagu kesembilan, tiba-tiba ada lagu yang bagus tapi karakternya sama dengan salah satu dari delapan lagu yang sudah ada. Jadi, lagu (yang lahir belakangan) itu harus mengalah dulu," papar Ariel. "Kadang, lagu bagus itu enggak bisa masuk karena kami mau fokus dalam dinamika lagu yang duluan ada itu," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.