Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita-cita 1.000 Sekolah

Kompas.com - 04/04/2013, 02:28 WIB

Penulis novel Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi (40), kini sibuk mengurus Komunitas Menara, perkumpulan yang terdiri dari pembaca novel, simpatisan, dan relawan, yang ia buat untuk membangun sekolah gratis bagi anak kurang mampu.

Saat ini sudah ada lima sekolah yang dirintisnya sejak 2010-2011, antara lain di Sumatera Barat; Tangerang Selatan, Banten; Bogor, Jawa Barat; dan Trenggalek, Jawa Timur.

Menurut Fuadi, umur 0-6 tahun merupakan usia emas, masa pembentukan karakter. Mereka yang tidak bisa memanfaatkan masa itu akan kehilangan masa penting dalam hidupnya. Orang dengan ekonomi tidak mampu biasanya tidak memiliki kesempatan itu, baik dari sisi ketiadaan sekolah di wilayahnya maupun ada sekolah tetapi harus membayar.

”Akhirnya mereka menjadi generasi yang hilang masa pembentukan karakternya di usia itu,” ujarnya seusai menjadi pembicara dalam pameran buku di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, akhir pekan lalu.

Lulusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran ini mengaku, modal untuk mendirikan sekolah berasal dari royalti buku serta sumbangan teman dan pembaca. Hingga kini, sudah ada 160-an murid yang belajar.

”Cita-citanya mendirikan 1.000 sekolah di seluruh Indonesia. Nah, itu kan tidak mungkin lagi mengandalkan royalti dan bantuan teman,” ujarnya. (WER)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com