Kompas.com - 04/04/2013, 13:30 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Bangunan bekas Gereja Knightsbridge, London, kini telah menjadi rumah mewah senilai 50 juta poundsterling atau setara Rp 700 miliar. Saat ini, rumah tersebut menjadi paling mahal di London.

Seperti dilansir www.dailymail.co.uk, rumah seluas 11.500 kaki persegi atau 3.505,2 meter persegi ini dijual 15 tahun yang lalu oleh Diocese Of London. Mereka membutuhkan dana untuk perbaikan yang mendesak sebesar 1 juta poundsterling (Rp14 milliar). Gereja ini lalu diubah menjadi rumah empat lantai, lengkap dengan kolam renang, ruang bawah tanah, arena kebugaran, serta sauna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rigby & Rigby, pengembang properti setempat, mengatakan bahwa properti tersebut kini menjadi salah satu rumah pribadi terbaik di Knightsbridge. Mahalnya harga juga diimbangi dengan peningkatan harga tanah yang cukup signifikan di kawasan itu.

Rumah "gereja" Knightsbridge tersebut berada di atas tanah seharga 300 poundsterling atau setara Rp 4,2 juta pada 1837 silam. Saat ini, harga tanahnya mengalami peningkatan harga hingga 167 kali lipat.

Rumah mewah ini sempat dimiliki Alain Boublil, penulis Les Miserables dan Miss Saigon. Namun, pada 2009, dia menjualnya seharga 13,5 juta poundsterling atau setara Rp 189 miliar kepada seorang pengusaha asal Thailand. Setelah itu, rumah ini dibangun lagi dengan biaya 10 juta poundsterling hingga kondisinya seperti saat ini. 

Sebetulnya, rumah ini tidak benar-benar dijual karena hanya dihuni orang-orang kaya yang mampu membelinya. Rumah ini dilengkapi dengan 7 kamar tidur, 4 kamar utama, 3 kamar tamu, dengan langit-langit ruangannya sebesar 42 kaki atau setara 12,8 meter. Sampai saat ini, sebagian bangunan gereja di rumah ini masih tetap dipertahankan untuk digunakan beribadah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.