Iwan Fals: Kuil di Singkawang Harus Selalu Terjaga

Kompas.com - 15/04/2013, 04:45 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

SINGKAWANG, KOMPAS.com — Vokalis Iwan Fals mengagumi keragaman budaya di Singkawang, Kalimantan Barat, yang dihuni suku Dayak, Cina, Melayu, dan Madura. Selain itu, perhatian Iwan juga tertuju pada kuil-kuil yang banyak ditemui di sana.

"Saya sih belum pernah (datang ke sini sebelumnya), ini tempat penuh sejarah. Karena menjadi tempat singgahnya tujuh pasukan Kubilai Khan, negeri 1.000 kuil ini harus tetap terjaga," kata Iwan dalam jumpa pers Top Coffee Concert di Hotel Dangau, Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (13/4/2013).

Menurut Iwan, kuil-kuil tersebut bisa menjadi identitas Singkawang. "Kuil yang bisa jadi benteng, kalau kehilangan itu ya percuma saja," pesannya.

Selain itu, Iwan juga memuji salah satu putra daerah, Dedi Wahyudi, yang sukses berwiraswasta Tembakul Kaos Punye Singkawang. Iwan berharap kunjungannya dalam rangka Top Coffee Concert tersebut juga bisa memberi inspirasi pemuda Singkawang.

"Singkawang awal perjalanan saya di 15 kota, semoga perjalanan ini menginspirasi, supaya Indonesia lebih gagah lagi, lebih bermartabat lagi, lebih lagi, semoga bisa berekspresi. Terus terang setelah 30 tahun bermusik saya baru ke Singkawang yang bertetangga dengan Kuching (Malaysia)," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.