Humas PN Jaksel: Jamal Tak Beri Tahu Alasan Ketidakhadirannya

Kompas.com - 18/04/2013, 14:52 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com Perwakilan Humas PN Jakarta Selatan, Matius Samiadji, menyarankan agar Jamal Mirdad hadir dalam persidangan mediasi dengan Lidya Kandau yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pada sidang perdana yang berlangsung, Kamis (18/4/2013), Jamal Mirdad tak terlihat hadir di depan majelis hakim yang dipimpin oleh Ahmad Dimiyati.

Sidang itu hanya dihadiri oleh Lidya Kandau (50), istri Jamal yang mengajukan perceraian pada 8 Maret 2013; dan Leonora, kuasa hukumnya. Sidang pun berjalan singkat, hanya 20 menit. Sidang pun ditunda sampai Kamis (25/4/2013) lantaran Jamal tidak datang.

Menurut Matius, sidang dengan agenda mediasi (perdamaian) itu ditunda sampai pekan depan setelah Jamal atau kuasa hukum yang mewakilinya tidak hadir.

"Tergugat (Jamal) tidak hadir," kata Matius yang tidak mendapati kabar mengenai alasan tidak hadirnya Jamal ke ruang sidang.

Padahal, lanjut Matius, pihaknya telah mengirim surat panggilan untuk Jamal secara patut agar hadir di sidang. "Tidak ada surat pemberitahuan ketidakhadiran dia (Jamal)," ucap Matius.

Jika dalam tiga kali sidang Jamal tetap tidak datang, maka hakim bisa saja memutuskan permohonan cerai Lidya itu secara verstek (tanpa kehadiran salah satu pihak).

Sebaliknya, jika hadir, kata Matius, maka perkara cerai itu akan diproses sesuai prosedur dan diserahkan dulu kepada hakim mediator untuk mediasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.