Tiga Tewas di Jalan Tol Palimanan

Kompas.com - 20/04/2013, 03:23 WIB
Editor

CIREBON, KOMPAS - Tiga orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan sebuah truk dengan mobil boks di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (19/4). Polisi menduga pengemudi truk mengantuk sehingga kendaraannya menabrak mobil boks yang diparkir di tepi jalan.

Wakil Komandan Regu Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) Ajun Inspektur Satu Widi Harjana menuturkan, mobil boks bernomor polisi T 8241 DI yang ditumpangi suami-istri asal Karawang, Jabar, Ramin Bin Kain (41) dan Rita Binti Isti (35), berhenti di bahu jalan sebelah kiri jalan. Mobil boks itu datang dari arah Jakarta ke Jawa Tengah.

”Mobil boks berhenti di tepi jalan sebab penumpangnya, Rita, ingin buang air kecil. Saat bersamaan, Ramin memeriksa kondisi ban. Saat kejadian, Ramin di sebelah kanan mobil boks untuk memeriksa ban. Istrinya ada di sebelah kiri,” kata Widi.

Tiba-tiba dari arah yang sama, sebuah truk bernomor polisi E 9557 MA melaju kencang dan oleng ke arah kiri sehingga menabrak mobil boks itu. Rita tertabrak dan meninggal di lokasi. Ramin mengalami shock setelah peristiwa yang mengejutkan itu. Ia berteriak-teriak histeris setelah menyaksikan truk itu menabrak mobilnya.

”Awalnya, ia (Ramin) menduga truk itu juga akan parkir. Tidak tahunya truk itu menghantam bagian belakang mobil boks dan mendorongnya sekitar 10 meter,” papar Widi. Truk itu bertujuan pulang ke Cirebon setelah mengantar sayur ke Jakarta. Saat kejadian, truk sedang kosong.

Tiga orang berada di truk itu dan duduk di bagian depan. Akibat tabrakan itu, dua orang di antaranya, yaitu sopir truk Jaenal Arifin (42) dan keneknya, Tiwan (50), keduanya dari Pabuaran, Kabupaten Cirebon, meninggal. Tiwan tewas di lokasi kejadian. Jaenal meninggal saat dirawat di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon. Seorang penumpang truk, Agus Subagio (47), mengalami patah tulang di kaki dan kritis.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Cirebon Inspektur Satu Heffri Dwi Irawan menuturkan, polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus itu. Namun, diduga Jaenal mengantuk sehingga tak bisa mengendalikan kendaraannya.

Mobil boks dan truk dibawa ke kantor PJR Tol Palikanci. Kondisi truk rusak berat di bagian depan, kaca pecah, dan badan mobil ringsek. Kondisi mobil boks hanya rusak di bagian belakang karena dihantam truk.

Kecelakaan ini merupakan kejadian kedua dalam tiga bulan terakhir di Jalan Tol Palikanci, Cirebon. Total empat orang meninggal dalam kecelakaan di ruas tol itu. (rek)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.