Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nicole Kidman dan Ang Lee Jadi Juri Cannes

Kompas.com - 25/04/2013, 15:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Ang Lee dan aktris Nicole Kidman menjadi anggota panel juri dalam Festival Film Cannes yang tahun ini dipimpin oleh sutradara Steven Spielberg.

Penyelenggara festival pada Rabu (24/4/2013) menyatakan, panel juri akan memutuskan penerima penghargaan saat penayangan film dalam festival tahunan penting itu berakhir pada 26 Mei.

Ang Lee (58) tahun ini mendapatkan Oscar kedua untuk film  Life of Pi. Tahun 2006 ia meraih Oscar untuk penyutradaraannya dalam film drama koboi Brokeback Mountain.

Sementara Kidman (45) mendapat penghargaan sebagai aktris terbaik dalam ajang Oscar untuk perannya dalam film  The Hours.

"Delapan tokoh film internasional dengan kapasitas tinggi akan membantunya (Spielberg) memberi penghargaan. Mereka semua terlibat aktif dalam beberapa bidang kreasi," kata penyelenggara dalam pernyataan yang dikutip dari Reuters.

Selain Kidman dan Lee, aktor  Django Unchanined Christoph Waltz yang memenangkan pengharhaan sebagai pemeran pembantu terbaik dalam Oscar tahun ini juga menjadi juri.

Juri Festival Film Cannes ke-66 lainnya adalah sutradara Jepang Naomi Kawase, aktris India Vidya Balan, sutradara dan aktor Prancis Daniel Auteuil, sutradara Inggris Lynne Ramsay, dan sutradara Rumania Cristian Mungiu.

Di antara 19 film yang tahun ini bersaing untuk mendapatkan penghargaan Palme d'Or untuk film terbaik ada Behind The Candelabra  karya Steven Soderbergh,  Venus in Fur garapan Roman Polanski, dan  Only God Forgives yang dibintangi oleh Ryan Gosling.

Tahun lalu, penghargaan Palme d'Or diraih oleh sutradara asal Austria, Michael Haneke, untuk film berjudul  Amour yang bercerita tentang sepasang lansia yang menghadapi kesakitan dan kematian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com