Puluhan Ribu Warga Antar Uje

Kompas.com - 27/04/2013, 02:07 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Panas terik di Tempat Pemakaman Umum Karet Tengsin, Jakarta Pusat, tidak menghalangi warga yang hendak menghadiri pemakaman Ustaz Jeffry al Buchori, Jumat (26/4). Sejak dari rumah duka, disemayamkan di Masjid Istiqlal, hingga ke peristirahatan terakhir, ribuan warga dari berbagai lapisan sosial mengiringi jenazah pendakwah yang dikenal dengan panggilan Uje itu.

Uje meninggal pada usia 40 tahun akibat kecelakaan sepeda motor di Jalan Gedong Hijau Raya, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat, sekitar pukul 01.00.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Hindarsono mengatakan, korban menabrak pembatas jalan dan pohon palem tepat di depan rumah nomor 17 akibat tak mampu mengendalikan motor Kawasaki ER-6n.

Sekitar pukul 14.00, jenazah Uje tiba di Tempat Pemakaman Umum Karet Tengsin. Ia dimakamkan satu lahad bersama dengan ayahnya yang berpulang pada 11 Oktober 1992. Suasana di dalam tenda di atas lahad dipadati ribuan peziarah yang berdesakan ingin mengikuti pemakaman.

Suasana yang sama terlihat di Masjid Istiqlal. Shalat jenazah sempat tertunda selama beberapa saat akibat ribuan anggota jemaah yang merangsek mendekati keranda jenazah almarhum. Sebagian besar tampak mengabadikan momen itu menggunakan telepon seluler ataupun komputer tablet. Shalat jenazah akhirnya bisa dilakukan setelah petugas meminta warga mundur.

Di pemakaman, istri almarhum, Pipik Dian Irawati Popon, terlihat masih terpukul atas kepergian suaminya yang mendadak. Pipik bahkan pingsan seusai mengikuti prosesi pemakaman, sementara raut wajah ketiga anaknya menyiratkan kesedihan mendalam.

Ribuan pelayat yang terus mengikuti prosesi pemakaman dari rumah duka hingga ke lahad terus melantunkan doa dan zikir bagi almarhum.

”Saya sangat terkejut. Saya bela-belain jalan kaki dari rumah untuk melihat pemakamannya. Kalau lihat Uje ceramah di televisi, mudah dicerna, jadi kami gampang memahami,” kata Hj Emeh (56), yang berjalan kaki sejauh 1 kilometer lebih dari rumahnya di Petamburan 2, Jakarta Selatan.

Selain warga biasa, pemakaman jenazah Ustaz Jeffry yang dikenal sebagai ustaz gaul itu juga dihadiri Ustaz Soleh Mahmud (Solmed), Ustaz Maulana, dan Kiai M Ikhsan. Sementara itu, dari kalangan pekerja seni, terlihat vokalis Band Wali, Farhan; pelawak Isa Wahyu Prastantyo, dan penyanyi Krisdayanti. Adapun di rumah duka tampak karangan bunga dari sejumlah pejabat di negeri ini. (K06/K07/RAY)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X