Idang Rasjidi: Gita Wirjawan, Cuma "Casing"-nya yang Menteri

Kompas.com - 29/04/2013, 15:09 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemusik jazz kawakan Idang Rasjidi memuji permainan piano Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, yang mendadak diminta tampil dalam pertunjukan In The Mood: A Jazz Evening with Idang Rasjidi & Friends, di Soehanna Hall, Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (28/4/2013) malam.

Idang menyebut bahwa di balik jabatannya sebagai petinggi negara, Gita merupakan seorang pianis jazz yang andal. "Beliau itu casing-nya saja seorang menteri negara, tapi aslinya adalah seorang pianis jazz," puji Idang usai Gita memainkan lagu "Spain" karya Chic Corea.

Gita membawakan "Spain" diiringi oleh Wahyu (drum), Iwan Wiradz (perkusi), Saad (suling), Yance Manusama (bas), dan Idang (sketch vokal). Ia mengaku sempat terkejut ketika tiba-tiba diminta tampil. Untungnya, ia mengenal karakter musik yang dimainkan oleh Idang, Iwan, dan kawan-kawan mereka.

"Sama Idang kenal dekat sejak 2005. Dan, tadi spontan saja. Ada sahabat saya Iwan Wiradz. Karena (permainan) perkusinya cepat sekali, jadi saya mainkan 'Spain' punya Chic Corea," jelas Gita.

Meski sempat terkejut, Gita mengaku tak merasa gugup. "Gugup sih enggak, cuma salah sedikit enggak apa-apa ya. Saya memang sudah lama nge-band, dari zaman kuliah. Dulu main klasik, bercampur pop rock," kata Gita.

Walau mencintai musik, Gita mengaku tak berencana merilis album seperti yang dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Saya enggak ada rencana bikin album, tapi saya dukung orang yang bikin album, seperti Tompi, SM*SH. Saya mendukung musisi yang perlu diorbitkan, seperti juga Dwiki Dharmawan, yang main world music," kata Gita lagi.

In The Mood: A Jazz Evening with Idang Rasjidi & Friends, juga menampilkan Salamander Big Band dan Abe Simpson. Pertunjukan dibuka dengan lagu "Tanah Airku" (karya Ibu Sud), yang dinyanyikan oleh vokalis Amelia Ong. Setelahnya, penyanyi opera yang juga pemain terompet Sastrani Titaranti menyajikan "Never Never Never". Sesudah itu, Amelia membawakan lagu tradisional Jawa "Cublak-cublak Suweng".



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X