Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrid Vs Dortmund: Tak Sekadar "Pecahkan Telur"

Kompas.com - 30/04/2013, 07:06 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Real Madrid butuh kemenangan besar saat menjamu Borussia Dortmund di Santiago Bernabeu, Selasa atau Rabu (1/5/2013) dini hari WIB. Jika mampu melakukannya, Los Blancos tidak hanya bisa lolos ke partai final, tetapi juga menjadi satu-satunya klub yang mampu mengalahkan Die Borussen di Liga Champions musim ini.

Kekalahan 1-4 pada pertemuan pertama memaksa pelatih El Real, Jose Mourinho, memutar otak untuk membalikkan agregat. Madrid butuh kemenangan dengan selisih tiga gol, tetapi itu pun dengan syarat tak boleh kebobolan lebih dari dua gol atau lebih.

"Ini kesempatan terakhir kami melakukan hal yang benar. Pada pertemuan pertama, kami tak memiliki keyakinan sebagai tim dan memproduksi performa mengecewakan. Sekarang, kami harus mendapatkan keajaiban," harap gelandang Madrid, Sami Khedira.

Perjuangan Madrid nanti masih mungkin terealisasi. Pasalnya, Los Blancos memiliki catatan apik mampu membalikkan keadaan saat kalah pada pertemuan pertama di kompetisi antarklub Eropa. Tujuh kali, Madrid sukses membuat keajaiban tersebut.

Pada laga yang akan disiarkan SCTV pada Rabu (1/5/2013) pukul 01.30 WIB itu, kubu Dortmund tak ingin terlena. Pelatih Juergen Klopp mengingatkan pasukannya untuk fokus demi tiket final yang akan berlangsung di Stadion Wembley, London, akhir Mei mendatang.

"Itu sangat jelas di awal. Saat hasil undian diketahui, kami harus bermain di sana (Santiago Bernabeu) dan bertarung untuk lolos ke babak selanjutnya. Tentu saja, Madrid percaya bisa melaju. Itu bukan pekerjaan mudah bagi kami," tutur Klopp.

Peluang Madrid untuk menang cukup terbuka lebar. Dengan kekuatan penuh, Madrid bisa memberikan banyak ancaman untuk Die Borussen. Akan tetapi, kemenangan tipis hanya akan membuat Dortmund menderita kekalahan di Liga Champions. Madrid butuh lebih dari sekadar "memecahkan telur" sang lawan.

Prakiraan susunan pemain
Madrid:
Diego Lopez; Sergio Ramos, Raphael Varane, Pepe, Fabio Coentrao; Sami Khedira, Xabi Alonso; Angel di Maria, Mesut Oezil, Cristiano Ronaldo; Gonzalo Higuain
Pelatih: Jose Mourinho

Dortmund: Roman Weidenfeller; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Neven Subotic, Marcel Schmelzer; Ilkay Guendogan, Sven Bender; Marco Reus, Mario Goetze, Kevin Grosskreutz; Robert Lewandowski
Pelatih: Juergen Klopp

Kemungkinan absen
Madrid: Marcelo, Alvaro Arbeloa (cedera)
Dortmund: -

Lima duel terakhir kedua tim
24/4/2013 - Dortmund 4-1 Madrid (Liga Champions)
6/11/2012 - Madrid 2-2 Dortmund (Liga Champions)
24/10/2012 - Dortmund 2-1 Madrid (Liga Champions)
19/8/2009 - Dortmund 0-5 Madrid (Persahabatan)
25/2/2003 - Dortmund 1-1 Madrid (Liga Champions)

Performa lima laga terakhir
Madrid: M-K-M-M-K
Dortmund: M-M-M-M-M

Prediksi
Bwin: 1,65 - 4,50 - 4,10
William Hill: 1,61 - 4,00 - 5,00
Kompas Bola: 55 - 45

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com