Nugie: Sirip Hiu Bukan Obat Kuat dan Kecantikan!

Kompas.com - 12/05/2013, 18:07 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada yang mengatakan, sirip ikan hiu bisa menjadi obat kuat bagi pria dan memelihara kecantikan wanita. Namun, bagi Nugie, vokalis dan pecinta lagu, yang peduli lingkungan hidup, itu hanyalah mitos.

"Makan sirip itu kan cuma prestige, gaya-gayaan. Pengonsumsinya gue tanya, 'Apa fungsinya sirip hiu?' ternyata enggak ada. Awet muda itu mitos. Enggak usah macam-macam pikir (bahwa) sirip bisa jaga kesehatan, kecantikan," tekan Nugie di sela kampanye SOShark, di Jakarta, Jumat lalu (10/5/2013).

Untuk memupuskan kepercayaan orang akan mitos tersebut, yang terpenting menurut Nugie adalah mengampanyekan stop menyantap makanan berbahan sirip hiu dan memburu hiu. Ia melakukan itu sebagai manusia yang membutuhkan keseimbangan alam, termasuk di laut.

"Kalau sampai ke dalam laut dan lihat mereka (hiu) berperan penting, kita akan sadar, tanpa ada peraturan dan hukuman," jelas Nugie. "Konsumsi (sirip hiu) enggak perlu lagi lah, enggak masuk akal sirip dianalogikan sebagai obat kuat, obat kecantikan. Ada cara-cara alami. Menjaga badan itu harus dengan olah raga dan jaga kesehatan," lanjutnya.

Kampanye stop menyantap makanan berbahan sirip hiu dan memburu hiu, tekan Nugie lagi, perlu benar-benar ditegakkan sebelum binatang tersebut punah.

"Secara statistik, saya tidak mengikuti. Tapi, kalau lihat tayangan dokumenter, ada 150 jenis hiu menurun tajam populasinya. Ini sudah gila-gilaan. Makhluk ini tidak semestinya dikonsumsi karena enggak bisa diternakkan, harus alami. Kalau lihat orang makan hiu, gue geram banget kali," ujar Nugie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.