"Fast & Furious 6": Kembalinya Jagoan-jagoan Jalanan

Kompas.com - 23/05/2013, 08:19 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com Seri keenam dari Fast & Furious akhirnya ditayangkan di Indonesia. Ada kebanggaan terselip ketika salah satu aktor laga Indonesia, Joe Taslim, hadir memberi warna.

Cerita bermula dari akhir Fast Five (2011) setelah Dominic Toretto (Vin Diesel) cs berhasil mencuri 100 juta dollar AS. Tiap-tiap anggota timnya lalu menempuh hidup secara terpisah.

Brian O'Conner (Paul Walker) telah menjadi suami dari Mia Toretto (Jordana Brewster). Sementara itu, Han (Sung Kang) meneruskan hubungannya dengan Gal Gadot (Gisele Yashar). Adapun Roman Pearce (Tyerese Gibson) dan Tej Parker (Chris 'Ludacris' Bridges) menghamburkan harta yang didapatnya.

Mereka dipaksa kembali bersatu setelah agen pemerintah, Luke Hobbs (Dwayne "The Rock" Johnson), meminta Dominic menangkap gembong penjahat yang diketuai Owen Shaw (Luke Evans). Dominic tentu menolak sampai Luke menunjukkan foto Letty (Michelle Rodriguez) yang sebelumnya diketahui meninggal, tetapi ternyata masih hidup dan kini bergabung dengan kelompok Shaw.

Sekecil apa pun kesempatan untuk bertemu Letty diambil Dominic, meski harus menempuh bahaya. Ia pun mengumpulkan kembali tim yang telah dianggapnya sebagai keluarga. Satu yang dijanjikan Luke, yakni kebebasan dan bersihnya catatan kriminal mereka jika berhasil menangkap Shaw.

Dengan dasar itu mereka semangat mengejar Shaw, hingga tiba Dominic berhadapan langsung dengan Letty. Namun, bukan pelukan hangat yang didapat, Letty justru menembak Dominic.

Fast & Furious 6 atau Fast Six tetap menyuguhkan aksi liar di jalan raya, deretan gadis seksi, juga aksi baku hantam dan ledakan yang lebih banyak dari film sebelumnya. Meski beberapa adegan terlihat berlebihan atau terlalu mudah, Fast Six hadir bukan dengan mobil jalanan yang mengandalkan modifikasi umum seperti pada seri sebelumnya.

Meski demikian, gaya bercerita terkesan bukan hal baru, pihak polisi yang memanfaatkan penjahat untuk menangkap penjahat dengan imbalan pembersihan catatan kriminal mereka.

Satu yang diacungi jempol, alur cerita dibuat saling menyatu dengan Fast & Furious sebelumnya. Bahkan, akhir dari Fast Six merupakan awal dari Tokyo Drift (2006) yang akan menjadi awalan dari Fast & Furious 7 yang sesuai rencana dirilis pada tahun depan.

Jangan lupa juga atas kesempatan luar biasa yang diraih Joe Taslim dalam memerankan tokoh Jah, salah satu anak buah Shaw. Ia menunjukkan kualitasnya di Fast Six, dan mendapatkan scene yang lumayan menonjol. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.