Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bas Metallica untuk Jokowi Jadi Milik Negara

Kompas.com - 28/05/2013, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo harus rela kehilangan bas bertanda tangan Robert Trujillo, personel grup band Metallica. Bas yang disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi itu kini berstatus milik negara.

"Gitarnya (bas) sih milik negara," ujar Direktur Gratifikasi KPK, Giri Supradiyono, ketika dikonfirmasi di Balaikota Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Giri mengatakan, pemberian bas itu mengandung unsur kepentingan sebab terkait dengan jabatan Jokowi ini sebagai gubernur dan Jonathan Liu sebagai seorang promotor. "Jonathan Liulah yang punya inisiatif untuk meminta temannya mengambil gitar (bas) dan meminta tanda tangan untuk gitar tersebut. Jadi, gitar tersebut atas permintaan untuk ditanda tangan," kata Giri.

Namun, Giri mengatakan bahwa KPK tidak melakukan penyitaan atas foto Trujillo beserta tanda tangan bassist Metallica itu. Foto itu diambil pada 24 Februari 2003 ini.

"Itu dikembalikan, foto tidak masalah. Karena yang material, benda material di atas Rp 300.000. Berdasarkan peraturan Kemenkeu, kalau foto bukan material," ujar Giri. (Imanuel Nicolas Manafe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com