Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Once Sentil Koruptor Lewat Lagu "Hidup Ini"

Kompas.com - 31/05/2013, 13:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Maraknya praktik kekerasan dan korupsi telah memberi inspirasi bagi vokalis Elfonda Mekel atau Once untuk mencipta lagu "Hidup Ini" yang menjadi single ketiga album solo perdananya.

"Memang liriknya sedikit berbau spiritual, tapi universal. Karena pas bikin lagu ini saya melihat banyak orang yang terlalu mengambil perannya, tapi lupa dengan dirinya yang berbeda dan larut dalam kekerasan, korupsi, semua ini karena jabatan," ujar Once saat berbincang usai mengisi acara Membangun Future Leaders Indonesia Melalui Pendidikan yang digelar Kompas Gramedia di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Kamis (30/5/2013) malam.

Single "Hidup Ini" sengaja ditulis dengan lirik yang lugas. "Lagunya lebih lugas kalau diperhatikan liriknya, enggak terlalu puitis,metafora. Saya kadang kalau bikin lagu suka enggak sabar bikin orang mengerti," jelas Once lalu tertawa.

"Saya merasa cocok dengan lebih lugas, makanya saya juga cocok di musik rock," lanjutnya.

Lirik yang lugas tersebut pun dibalut dengan musik yang bernada minor di awal lagu, lalu dibumbui beat yang menyegarkan di pertengahan. "Lagunya memang lagu yang ambience, minor, tapi di pertengahannya penuh harapan. Saya enggak mau membuat lagu yang terlalu sedih, saya mau lagu Hidup Ini membangkitkan, menginspirasi, enggak yang depresi," ulas Once.

Dengan single tersebut, mantan vokalis grup Dewa 19 ini secara persuasif ingin mengajak pendengar musiknya untuk memahami dirinya sendiri. "Saya pengin mengajak semua orang termasuk diri saya sendiri, 'Coba lihat diri dalam diri lu', karena dalam masing-masing diri seseorang ada dirinya lagi," harap Once. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com