Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Dieng Culture Festival, "Homestay" Mulai Penuh

Kompas.com - 01/06/2013, 13:02 WIB

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Calon wisatawan dari berbagai daerah mulai memesan homestay di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegera, sebagai tempat menginap saat liburan sekolah, khususnya ketika pergelaran "Dieng Culture Festival 2013" (DCF).

"Dari pantauan kami, hampir 90 persen homestay yang tersebar di Desa Dieng Kulon, Kepakisan, dan Dieng Wetan (masuk wilayah Kabupaten Wonosobo) sudah dipesan calon wisatawan," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng, Pandawa Alif Faozi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Sabtu (1/6/2013).

Khusus di Desa Dieng Kulon, lanjutnya, hingga saat ini terdapat 67 unit homestay dan sebagian besar telah dipesan calon wisatawan. Menurutnya, kondisi tersebut menunjukkan bahwa geliat wisata Dataran Tinggi Dieng mulai pulih pasca peningkatan aktivitas Kawah Timbang,

"Saat aktivitas Kawah Timbang meningkat, tingkat kunjungan wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng turun hingga 30 persen," katanya.

Oleh karena itu, tambahnya, pihaknya terus berusaha menginformasikan kepada calon wisatawan bahwa Dieng tetap aman dikunjungi karena Kawah Timbang bukan daerah tujuan wisata dan lokasinya jauh dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com