Ariel "NOAH": Jangan "Jaim" di Depan Kamera

Kompas.com - 04/06/2013, 14:24 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Untuk keperluan pengambilan gambar film rockumentary NOAH, vokalis Nazriel Irham atau Ariel berpesan kepada teman-temannya--Lukman (gitar), Uki (gitar), Reza (drum), dan David (keyboard)--agar tampil natural ketika mereka berhadapan dengan kamera.

"Yang jadi masalah kami enggak biasa akting. Tapi, yang enaknya, kami jadi diri sendiri, sebisa mungkin alami saja, enggak usah jaim (jaga image) pas lagi di depan kamera," kata Ariel, yang pernah bermain dalam film Sang Pemimpi, dalam jumpa pers film NOAH, di kawasan Kemang Utara, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2013).

Agar memperoleh gambar sesuai kebutuhan, sutradara Putrama Tuta, yang mengaku mengintil NOAH selama satu tahun belakangan ini, sengaja mengambil gambar secara diam-diam. "Saya ingin mengambil gambar yang natural. Saya tidak ingin merekayasa film ini untuk disampaikan ke masyarakat," kata Tuta.

"Saat pengambilan gambar itu, saya enggak pernah tahu. Ya, memang jadi seperti hidden (camera) begitu. Saya merasa tidak sebagai pemain film. Apa yang akan ada di layar nanti itu enggak ada akting, natural saja. Ngelawak, ya ngelawak," timpal Lukman.

Diungkapkan oleh Tuta, ia pernah menjajal para personel NOAH berakting. Tapi, jadinya tidak natural, "Saya pernah coba mereka dengan empat kamera, (lalu) dua kamera. Seperti Reza sama Lukman punya kedekatan emosi yang kuat. Tapi, ketika saya coba pakai empat kamera, mereka yang biasa pakai bahasa Sunda malah pakai bahasa Indonesia. Padahal, saya maunya natural," papar Tuta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.