Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariel "NOAH": Jangan "Jaim" di Depan Kamera

Kompas.com - 04/06/2013, 14:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Untuk keperluan pengambilan gambar film rockumentary NOAH, vokalis Nazriel Irham atau Ariel berpesan kepada teman-temannya--Lukman (gitar), Uki (gitar), Reza (drum), dan David (keyboard)--agar tampil natural ketika mereka berhadapan dengan kamera.

"Yang jadi masalah kami enggak biasa akting. Tapi, yang enaknya, kami jadi diri sendiri, sebisa mungkin alami saja, enggak usah jaim (jaga image) pas lagi di depan kamera," kata Ariel, yang pernah bermain dalam film Sang Pemimpi, dalam jumpa pers film NOAH, di kawasan Kemang Utara, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2013).

Agar memperoleh gambar sesuai kebutuhan, sutradara Putrama Tuta, yang mengaku mengintil NOAH selama satu tahun belakangan ini, sengaja mengambil gambar secara diam-diam. "Saya ingin mengambil gambar yang natural. Saya tidak ingin merekayasa film ini untuk disampaikan ke masyarakat," kata Tuta.

"Saat pengambilan gambar itu, saya enggak pernah tahu. Ya, memang jadi seperti hidden (camera) begitu. Saya merasa tidak sebagai pemain film. Apa yang akan ada di layar nanti itu enggak ada akting, natural saja. Ngelawak, ya ngelawak," timpal Lukman.

Diungkapkan oleh Tuta, ia pernah menjajal para personel NOAH berakting. Tapi, jadinya tidak natural, "Saya pernah coba mereka dengan empat kamera, (lalu) dua kamera. Seperti Reza sama Lukman punya kedekatan emosi yang kuat. Tapi, ketika saya coba pakai empat kamera, mereka yang biasa pakai bahasa Sunda malah pakai bahasa Indonesia. Padahal, saya maunya natural," papar Tuta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com